POPULAR STORIES

Mudik Lebaran Idul Fitri Pakai Roof Rack Dan Roof Box Di Mobil? Jangan Gegabah, Simak Dulu Tips Ini

Mudik Lebaran Idul Fitri Pakai Roof Rack dan Roof Box di Mobil? Jangan Gegabah, Simak Dulu Tips Ini Mudik Lebaran Idul Fitri Pakai Roof Rack dan Roof Box di Mobil? Jangan Gegabah, Simak Dulu Tips Ini (Kipli)

KabarOto.com - Lebaran Idul Fitri hampir tiba, Sobat yang punya rencana mudik menggunakan mobil, sedangkan bagasi maupun tempat penyimpanan barang terbatas, aksesori roof box memang kerap jadi solusi untuk menyimpan barang tersebut.

Ada baiknya, sebelum memasang roof box, memang ada beberapa hal yang jadi pertimbangan Sobat. Menurut Martin selaku Founder Otoproject, pastikan roof rail atau roof rack kompatibel di mobil Sobat berhubung alat tersebut menjadi acuan untuk tempat menempelnya roof box.

Baca Juga: Bisa Dilakukan Sendiri Sebelum Mudik Lebaran, Begini Prosedur Pengecekan Rem Sepeda Motor

Pilih sesuai kebutuhan

"Pilih roof box sesuai kebutuhan, sesuai dimensi mobil. Roof box punya banyak pilihan ukuran dan model, dimensi dan kapasitasnya pun beragam misalnya yang sedang dengan daya tampung 350 liter hingga yang relatif besar 750 liter. Jangan sampai ukuran roof box lebih besar dari mobil, dengan daya angkut melebihi yang bisa diakomodir mobil," bebernya.

Ia menyarankan, untuk pilih roof rack yang kokoh dan memiliki dudukan kuat serta mudah dalam instalasi, hal ini termasuk sanggup menopang roof box di serta ukuran tidak melewati lebar bodi mobil, karena tentu saja akan mengganggu secara estetika dan keamanan.

Baca Juga: Mudik Lebaran Pakai Sepeda Motor? Awas Kena Tilang Karena Muatan Berlebih

Gerbang tol otomatis jadi hambatan

"Perhatikan gerbang tol otomatis (GTO), atau ketika masuk ke parkiran yang memiliki pembatas tinggi kendaraan, batas ketinggian GTO biasanya 2,1 meter. Saat memasang roof rail, dan roof box rata-rata ketinggian mobil naik sekitar 45-55 cm, jadi ada baiknya diperkirakan dari awal instalasi," tambahnya.

Pemasangan roof box juga harus pada posisi pas, karena akan berpengaruh ke pengendaraan mobil. Harus lebih hati-hati karena bobot keseluruhan mobil akan berubah dari standar seharusnya, membuat mobil terasa lebih berat, dan limbung ketika dikendarai.