POPULAR STORIES

Tarif Tol Trans Jawa Diskon 20% Untuk Arus Mudik Dan Arus Balik, Catat Tanggalnya!

Tarif Tol Trans Jawa Diskon 20% untuk Arus Mudik dan Arus Balik, Catat Tanggalnya! Diskon Tarif Tol Trans Jawa. (Foto: Jasa Marga)

KabarOto.com - Potongan tarif tol akan diberikan Jasa Marga untuk pengguna Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya. Diskon 20 persen diberikan pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024.

Berlaku untuk semua Jalan Tol yang dikelola Jasa Marga, pengguna integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek & Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC bisa menikmati diskon tersebut.

Potongan tarif tol akan berlaku dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik dan dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus balik.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, pemberlakuan potongan tarif tol berlaku untuk semua golongan kendaraan. Hal ini diharapkan mampu memaksimalkan distribusi lalu lintas dan menghindari penumpukan kendaraan pada tanggal tertentu.

Tol Trans Jawa Diskon 20%
Jasa Marga prediksi arus mudik tahun ini meningkat. (Foto: dok. Jasa Marga)

“Jasa Marga memprediksi pada puncak arus mudik pada H-4 atau pada Sabtu, 6 April 2024, terdapat 259 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta atau meningkat 0,03 persen dibandingkan Lebaran 2023 dan meningkat 66,8 persen dibandingkan lalin Normal," kata Lisye.

Baca Juga : Astra Group Siapkan 299 Bengkel Siaga dengan 800 Teknisi di Jalur Mudik Jawa, Sumatera dan Bali

Dengan potensi mobilitas masyarakat yang melonjak pesat tahun ini, Lisye berharap potongan tarif tol ini dapat menarik minat dan menjadi acuan bagi masyarakat yang memiliki keleluasaan waktu lebih panjang agar dapat mengatur waktu perjalanan mudik lebih awal dan perjalanan balik lebih akhir sehingga dapat memanfaatkan potongan tarif tol.

"Untuk puncak arus balik, prediksi H+4 atau Senin, 15 April 2024 diprediksi akan dilalui 300 ribu kendaraan kembali ke Jakarta atau meningkat 13,2 persen terhadap Lebaran 2023 atau meningkat 131 persen terhadap Normal,” ujar Lisye.

Diskon Tarif Tol Arus Mudik pada 3-5 April 2024

Teknis pemberlakuan potongan tarif tol ialah untuk semua golongan kendaraan dan hanya untuk kendaraan asal GT Cikampek Utama dan transaksi keluar di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada periode arus mudik yaitu mulai Rabu, 3 April 2024, pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Baca Juga : Korlantas Polri Tegaskan Siap Kawal Pemudik Sepeda Motor Lebaran 2024

Diskon Tarif Tol Arus Balik pada 17-19 April

Sementara untuk arus balik, potongan tarif tol hanya untuk kendaraan asal GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan transaksi keluar di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai Rabu, 17 April 2024, pukul 05.00 WIB, hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

“Potongan tarif ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi yang optimal,” tutup Lisye.