Jadi 'Pilot' Di Banyak Balapan, Apa Jenis Motorsport Favorit Srikandi Alinka Hardianti

Jadi 'Pilot' di Banyak Balapan, Apa jenis Motorsport Favorit Srikandi Alinka Hardianti Foto: Kipli

KabarOto.com - Salah satu srikandi di dunia motorsport Indonesia adalah Alinka Hardianti. Namanya mencuat sejak 2008 ketika Alinka, sapaan akrabnya, memulai karirnya di dunia balap seperti slalom, drifting, touring sampai speed offroad.

Karirnya pun menanjak di berbagai ajang motorsport tersebut hingga akhirnya ia harus vakum sekitar 2 tahun belakangan ini karena sibuk berkeluarga. Namun, sebenarnya apa balap yang paling digemari oleh dirinya? mengingat predikat yang melekat relatif banyak, dari 'ratu drift', 'ratu slalom' dan lain-lain.

"Sebenarnya saya suka semua yang berbau 4 roda dan kencang, hehe," buka istri dari pembalap Andi Baihaki atau yang akrab dipanggil Anang.

"Semua motorsport punya karakteristiknya sendiri dan saya suka untuk mempelajari itu semua," imbuh wanita yang bertahun-tahun balap dengan Toyota Team Indonesia.

Baca Juga: Alinka Hardianti Tumbangkan Amandio, Rebut Gelar Juara Kejurnas Superdrift Seri I

Alinka menjelaskan, misalnya slalom, memang terlihat mudah hanya pakai gear 1 dan 2, namun hand brake itu relatif berat dan hampir tiap saat digunakan.

“Drifting pun begitu, apalagi jika tandem konsentrasi harus penuh. Balap touring juga lebih riuh lagi karena belasan sampai puluhan mobil beradu kencang," jelas ibu satu anak ini.

Ia bilang, speed offroad lah yang merupakan gabungan semua tantangan di ajang balap, "Kalau speed offroad, saya pikir lebih banyak lagi tantangannya dan itu bikin makin seru, ada high speed straight, high speed corner, sampai jump," bebernya.

Hingga saat ini, Alinka masih penasaran untuk menjajal satu cabang motorsport lagi yakni rally.

"Harusnya memang saya coba rally dulu sebelum langsung ke speed offroad karena mobilnya masih mirip dengan mobil-mobil yang saya pakai sehari-hari dan balap, kalau speed offroad kan ada yang UTV sampai tubular," tandas Putri Didi Hardianto itu.

Semoga pandemi selesai, dapat surat izin suami lagi ya untuk jajal balap rally, yuk gas!