Jaguar XJ-S V12 HE Lynx Eventer Campur Tangan Paolo Gucci Dilelang

Jaguar XJ-S V12 HE Lynx Eventer Campur Tangan Paolo Gucci Dilelang Dok : Bonhams

KabarOto.com – Kolaborasi pabrikan mobil dan desainer terkenal memang sudah bukan hal yang janggal, bahkan sejak zaman dulu. Salah satunya adalah Jaguar XJ-S HE Lynx Eventer dengan campur tangan Paolo Gucci.

Mobil ini sempat dipajang di Geneva Motor Show pada 1990, dan beberapa waktu lalu mobil tersebut akhirnya dilelang oleh rumah lelang Bonhams di Inggris dengan prakiraan harga mulai dari Rp 1,2 miliar hingga Rp 1,7 miliar.

Pada 1980-an, Paolo Gucci memutuskan untuk membuat mobil edisi terbatas dengan komponen interior berlapis bahan asli dari Gucci, dan menugaskan Lynx Engineer yang bermarkas di Inggris memproduksinya.

Baca juga: McMurtry Automotive Pecahkan Rekor Di Goodwood Festival Of Speed

Produksi pertama dari total 20 mobil Jaguar XJ-S diluncurkan dengan nama Lynx Designo Di Paolo Gucci. Dipamerkan pertama kali di Geneva Motor Show 1990 dengan banderol 100.000 Euro atau Rp 1,5 miliaran.

Warna eksterior mobil ini menggunakan perpaduan dua warna yakni biru tua dan biru muda, dengan stripping oranye. Perbedaan utama ada di interior, Paolo mengaplikasikan trim kayu burr elm berpernis biru, lalu panel instrumen analog dimodifikasi warna putih, sementara bagian jok dan door trim dilapisi bahan kulit anak sapi Italia, serta ada efek motif kulit buaya, sementara dasbor dilapis bahan suede Alacantara.

setir dilapisi kulit jahitan tangan dengan kombinasi warna biru dan oranye, dan di tombol klakson ada batu lazuli semi mulia, juga tersemat di bagian tongkat transmisi.

Sedikit perjalanan mobil ini, Paolo menjual Gucci Eventer kepada mendiang David Andrew Richards. Ditangannya Gucci XJ-S ini disembunyikan selama bertahun-tahun, dan baru diketahui ketika putri David Richards melelangnya di Oxford Bonhams pada bulan Desember 2014, di mana saat itu dibeli oleh penggemar Jaguar, Ian Berg.

Baca juga: Red Bull Konfirmasi Akan Rilis Hypercar RB17

Untuk melakukan restorasi, Ian menggunakan jasa dua orang yang awalnya bekerja di Gucci Eventer, Gordon Russell, yang menjalankan spesialis bodyworks Jaguar IDL UK di St Leonards, Sussex, dan Phil Gould dari Concept Trimming di Bideford, Devon.

Berita Terkait

Berita Terkait