POPULAR STORIES

Jajal Ban Baru Dunlop SP Sport LM705, Ini Rasanya

Jajal Ban Baru Dunlop SP Sport LM705, Ini Rasanya Foto: Kipli/Arfian Alamsyah/KO

KabarOto.com - PT Sumi Rubber Indonesia atau Surindo baru saja memamerkan ban terbarunya yang merupakan generasi penerus Dunlop SP Sport LM704, yakni Dunlop SP Sport LM705 dihadapan para wartawan di Meikarta, Jawa Barat (20/2/2020).

Selain penjelasan dari pihak Dunlop, mereka mengajak para wartawan untuk menjajal ban baru yang rencananya bakal diluncurkan untuk publik pada bulan depan.

"Iya, sebenarnya Dunlop SP Sport LM705 ini merupakan generasi penerus pendahulunya, yaitu SP Sport LM704, otomatis pendahulunya kita diskontinyu. Namun ukuran (diameter) yang tidak tersedia di LM705 tetap diproduksi kok untuk LM704," ujar Hendra Himawan, GM Sales Plan & Admin PT Sumi Rubber Indonesia.

KabarOto pun mendapat giliran menjajal produk baru mereka yang disematkan pada All New Toyota Camry. Sebelumnya, kami menjajal dahulu produk kompetitor yang dipasang pada mobil yang sama dengan tujuan untuk membandingkan dan mengetahui perbedaannya.

"Kedua mobil tak ada perlakuan khusus, jarak tempuh sama dan semua standar dengan driving mode serupa. Silahkan dicek," bebernya. Sayang, ternyata pihak Dunlop menyediakan test driver khusus dari Jepang, jadi para wartawan hanya pasrah duduk di kursi belakang sepanjang melewati feeling test tersebut.

Baca Juga: Redam Kebisingan 16%, Ini Resep Dunlop SP Sport LM705

Mengitari sirkuit rally tarmac temporer di Meikarta sebanyak 2 kali, kami pun merasakan 2 perbedaan yang terasa pada kedua mobil tersebut. Pertama, saat melewati speed trap karet dengan kecepatan 60 kpj bantingan mobil yang menggunakan produk kompetitor lebih terasa keras dan bising sedangkan SP Sport LM705 relatif lebih halus dan empuk.

Kedua, yang paling terasa adalah ketika mobil melakukan tes high speed changing lane, yakni pergantian jalur secara spontan dengan kecepatan rata-rata 100 kpj. Produk kompetitor cenderung kehilangan daya cengkeram dan mengeluarkan suara gesekan keras ketika melewati proses tersebut.

Lain halnya dengan Dunlop SP Sport LM705, meski digeber dengan cara yang sama, namun Dunlop mampu menunjukkan performa yang impresif dengan tetap dapat dikendalikan tanpa kehilangan daya cengkeram dan bunyi gesekan tak terdengar sama sekali.

Ya, itulah mengapa Dunlop mengklaim bahwa bannya mampu menunjukkan performa 16% lebih baik dari kompetitornya. "Kami buat side wall baru yang lebih sempurna dengan bentuk membulat agar lebih elastis, sedangkan pattern-nya kami buat supaya dapat mereduksi tingkat kebisingan," ujar Bambang Hermanudi selaku Product Development Dunlop.