Jajal Moge BMW Keren Milik Dishub, Anies Baswedan Terjatuh

Jajal Moge BMW Keren Milik Dishub, Anies Baswedan Terjatuh Gubernur DKI saat menjajal BMW K 1600 B (JF))

KabarOto.com - Menyambut Asian Games 2018, Dinas Perhubungan DKI Jakarta kedatangan sepeda motor keren berjenis touring, yakni BMW K 1600 B. Tak hanya satu, Dishub ternyata membeli dua unit sepeda motor asal Jerman tersebut.

Rencananya, motor ini akan digunakan untuk mengawal rombongan tamu penting saat Asian Games 2018, yang berlangsung pada 18 Agustus sampai 2 September 2018.

Motor dengan kapasitas mesin tertinggi di jajaran seri BMW Motorrad ini, resmi diperkenalkan di Indonesia pada Oktober tahun lalu. BMW K 1600 B dibekali mesin canggih 6 silinder dengan kapasitas 1.649 cc, berpendingin cairan.

Namun, ada kejadian unik saat pelaksanaan apel persiapan Dishub DKI yang berlangsung di lapangan Monumen Nasional pagi tadi (08/08). Saat itu, Gubernur Anies Baswedan ikut menjajal sepeda motor berwarna putih tersebut.

BMW K 1600 B

Awalnya semua berjalan mulus, sampai akhirnya saat akan berhenti, Anies tiba-tiba terjatuh bersama motor dengan berat kurang lebih 319 kilogram tersebut. Melihat kejadian itu, sontak para petugas Dishub bergegas untuk mengangkat sepeda motor seharga Rp 975 juta (off the road) tersebut ke posisi semula.

Memang tidak sembarang orang dapat mengemudikan sepeda motor spesial tersebut, butuh keahlian khusus untuk dapat menjinakkan tenaganya yang besar dan juga mengendalikan bobotnya yang cukup berat.

Baca juga: Profil - BMW I8 Roadster

"Motor itu kan berat, jadi waktu stop posisi pengendaranya harus mantep dulu, dan lurus (seimbang). Gak seperti motor kecil yang meskipun melenceng dikit gak apa-apa, masih bisa ditahan," ujar Joe Frans, CEO BMW Motorrad Indonesia kepada KabarOto.

Lebih lanjut pria ramah tersebut menjelaskan, bahwa motor besar saat melaju memiliki gaya sentrifugal, itu yang membuat sepeda motor tidak akan terjatuh, meskipun pada saat berjalan sambil menikung miring.

Meskipun terjatuh, namun sepeda motor tersebut tetap dalam kondisi aman, karena juga dilengkapi dengan beberapa pelindung body di beberapa bagian.