POPULAR STORIES

Jajaran Truk Terbaru Mercedes-Benz Dilengkapi Fitur Keselamatan Modern

Jajaran Truk Terbaru Mercedes-Benz Dilengkapi Fitur Keselamatan Modern Mercedes-Benz Trucks (Deni/Kabaroto)

KabarOto.com - Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), agen tunggal penjualan kendaraan komersial merek Mercedes-Benz, memaparkan komitmen mereka terhadap keselamatan, yang merupakan salah satu nilai merek mendasar perusahaan berlogo bintang segi tiga itu.

Komitmen keselamatan itu tertuang melalui jajaran produk yang akan datang, yaitu chassis bus Mercedes-Benz OF 1623 RF, Mercedes-Benz O 500 RS 1836, serta New Actros.

Markus Villinger, President Director dan CEO PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia yang ditemui KabarOto.com di sela-sela Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicles Expo (GIICOMVEC) 2018, yang berlangsung di JCC, Senayan, Jakarta, 1-4 Maret lalu, menegaskan soal komitmen keselamatan tersebut.

“Keselamatan merupakan salah satu nilai merek mendasar dari Mercedes-Benz. Sejak 1886, Mercedes-Benz selalu menjadi pelopor dalam keselamatan di mobil penumpang dan kendaraan niaga, didorong oleh visi mengemudi bebas-kecelakaan,” ungkapnya.

Villinger menambahkan, keselamatan dalam transportasi menjadi semakin penting, dan terintegrasi dalam seluruh kendaraan niaga, termasuk chassis bus Mercedes-Benz OF 1623 RF, Mercedes-Benz O 500 RS 1836, dan truk New Actros.

DCVI juga menjawab fokus berkelanjutan pemerintah Indonesia dalam keselamatan transportasi dengan memastikan seluruh kendaraan niaga yang memenuhi standar-standar keselamatan tertinggi.

Konsep keselamatan integral terdiri dari beberapa bagian komponen, yang berpusat pada berbagai sistem keselamatan inovatif yang dibuat khusus sesuai kendaraan dan penggunaan, yang bertujuan untuk secara terus menerus meningkatkan keselamatan, baik pasif maupun aktif.

Baca juga: Mercedes-Benz Axor 2528 R Siap Dukung Industri Logistik di Indonesia

Jika melihat pada jajaran produk Mercedes-Benz, seperti Mercedes-Benz OF 1623 baru adalah sebuah bus bermesin depan 16-ton, dengan tenaga terbesar di kelasnya, yakni mesin diesel 6-silinder Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3. Selain itu, bus ini pun telah dilengkapi fitur keselamatan modern, antara lain Auto Slack Adjuster dan Full Air Brake System.

Mercedes-Benz Axor
Mercedes-Benz Trucks (Deni/Kabaroto)

Tak hanya itu, produk lainnya yakni Mercedes-Benz O 500 RS 1836 merupakan bus Premium bermesin belakang untuk perjalanan jarak jauh, memiliki mesin diesel 6-silinder Mercedes-Benz OM 457 LA Euro 3. Bus ini memiliki fitur-fitur keselamatan Anti-Lock Braking System dan Acceleration Skid System.

“Bagi bus Mercedes-Benz, keselamatan tidak diukur dalam satuan, tapi merupakan hasil dari sebuah konsep keselamatan integral keseluruhan. Seluruh bus kami dibuat dengan pengembangan di seluruh bidang yang bertujuan memenuhi harapan keselamatan tertinggi,” jelas Villinger.

Melalui ajang GIICOMVEC, Mercedes-Benz juga menampikan truk Actros 2640 LS dengan chassis ADR anti-api, transport pilihan untuk perusahaan perminyakan. Meneruskan tradisi yang panjang dari Actros, DCVI segera memperkenalkan New Actros tahun ini.

Bus yang terlihat kokoh dan andal ini memiliki beberapa fitur keselamatan modern seperti Electronic Stability Program, Lane Keeping Assist, Attention Assist, Proximity Control Assist, dan Active Brake Assist 4 sebagai opsi. Fitur-fitur ini termasuk teknologi tercanggih untuk pasar truk Indonesia.

“Kami sangat senang untuk menyiapkan pasar Indonesia dalam menyambut peluncuran New Actros. Menggabungkan tenaga, kekokohan, efisiensi, dan yang paling penting, keselamatan, dalam acara yang unik, New Actros meneruskan tradisi 120-tahun dari kendaraan niaga Mercedes-Benz dan membawanya ke masa depan dengan teknologi inovatif yang berfokus di masa depan,” pungkas Villinger.