Jalur Pansela Makin Mulus, Bisa Jadi Alternatif Buat Yang Suka Touring

Jalur Pansela Makin Mulus, Bisa Jadi Alternatif Buat yang Suka Touring Jalur Pansela yang dilapis aspal mulus (PUPR)

KabarOto.com - Sobat KabarOto yang gemar touring menggunakan sepeda motor, ada kabar baik nih dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Karena, kementerian yang disingkat PUPR tersebut, terus berupaya meningkatkan kualitas jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa sepanjang 1.405 km yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur.

Baca Juga: Cerita Donna Agnesia Dan Darius Touring Sejauh 380 Km Di India

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, bahwa peningkatan kondisi jalan Pansela Jawa ini, bertujuan untuk memperlancar konektivitas di selatan Pulau Jawa, sehingga diharapkan mengurangi kesenjangan dengan wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa yang lebih maju, serta menjadi jalur wisata.

"Kita terus promosikan jalur Pansela Jawa, supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus namun juga memiliki pemandangan yang indah (panoramic road) dan terdapat banyak obyek wisata," kata Basuki.

Sejajar dengan Pantai Selatan Jawa

Salah satu ruas Pansela yang telah rampung ditangani berada di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yakni ruas Tambakmulyo-Congot sepanjang 52,6 km. Kondisi ruas jalan tersebut kini beraspal dan lebih lebar dari semula 4,5- 5 meter menjadi 6,5 meter untuk badan jalan, dengan masing-masing lebar bahu jalan 2,5 meter.

"Jalur Pansela Jawa sebagai jalur wisata didesain untuk kendaraan bertonase maksimal 8 ton. Konstruksi jalan dengan kemiringan tertentu sehingga dapat mengalirkan air hujan dan meminimalisir adanya genangan," ungkap Akhmad Cahyadi selaku Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Direktorat Jenderal Bina Marga.

Memiliki badan jalan yang lebar di beberapa titik

Asyiknya, di ruas jalan ini juga dilengkapi lampu penerangan menggunakan solar cell di titik-titik yang rawan kecelakaan, sehingga bila sobat KabarOto melakukan perjalanan di malam hari, menjadi lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: Test Ride - Asyiknya BMW G310R Ke Mega Mendung

Sementara itu, Andi Nugroho Jati Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Jateng mengatakan, masyarakat masih menganggap Jalan Lintas Selatan dan Jalan Pantai Selatan adalah ruas jalan yang sama.

"Oleh karenanya BBPJN VII terus melakukan sosialisasi sehingga Jalur Pansela bisa menjadi pilihan masyarakat terutama pada masa mudik lebaran," ungkap Adi.

Jalur Lintas Selatan di Jawa Tengah yakni yakni dari Batas Jogja/Karangnongko - Purworejo - Kutoarjo - Kebumen - Purwokerto - Wangon - Karangpucung - Batas Jawa Barat.

Sementara Jalur Pansela yakni Batas Jogja - Congot - Wawar - Tambakmulyo - Jladri - Ayah - Adipala - Slarang - Sidareja - Batas Jawa Barat. Jalur ini dikenal banyak destinasi wisata pantai misalnya Pantai Teluk Penyu, Menganti, Karang Bolong dan Jetis.