POPULAR STORIES

Jangan Anggap Remeh Fungsi Radiator Mobil, Ini Cara Merawatnya

Jangan Anggap Remeh Fungsi Radiator Mobil, Ini Cara Merawatnya Tips merawat radiator mobil (Foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - Punya peran penting, banyak pemilik mobil menganggap remeh merawat radiator. Komponen ini, memiliki fungsi sebagai sistem pendingin mesin.

Sistem pendingin berfungsi sebagai penstabil suhu mesin mobil yang melakukan pembakaran agar tidak overheat.

Fauzan, dari Bengkel Radiator Mampang menjelaskan, sebaiknya untuk menjaga kinerja radiator mobil bisa dilakukan servis rutin 6 bulan sekali.

"Hal ini mencegah untuk terjadinya kebocoran pada radiator, jika memang dirasakan tidak ada kendala dalam performa mobil, bisa juga dilakukan hingga waktu satu tahun," ungkap Fauzan kepada KabarOto, Senin (01/01/2024).

Baca Juga: Dipakai Libas Jalan Rusak? Ini Bagian Kaki-kaki Yang Harus Dicek Usai Libur Tahun Baru

Sebaiknya gunakan cairan coolant untuk radiator mobil

Selain itu, untuk menjaga kinerja radiator, pemilik mobil sebaiknya menggunakan cairan coolant khusus, lebih bagus dibanding air biasa.

"Kalau dengan air coolant, kinerja radiator menjadi lebih baik. Dari segi pemeliharaan juga bisa lebih panjang umurnya, bisa 6 bulan hingga satu tahun," jelas Fauzan.

Menurutnya, jika terpaksa menggunakan air biasa pada radiator mobil kinerja jadi tidak maksimal. "Sudah pasti kinerja radiator tidak maksimal. Pemilik mobil juga harus sering menguras, setidaknya sebulan sekali," tambahnya.

Baca Juga: Selesai Libur Tahun Baru Pakai Motor? Jangan Lupa Ikuti Langkah Servis Seperti Ini

Posisi radiator mobil ada di bagian depan di dalam area mesin

Fungsi radiator mobil

Dalam mesin mobil, terjadi reaksi pembakaran yang dapat menimbulkan suhu panas, selama mobil dalam kondisi menyala dan dikendarai.

Artinya, semakin lama pemilik mobil berkendara, maka semakin tinggi suhu panas yang diakibatkan pembakaran mesin. Oleh karena itu, mesin mobil butuh sistem pendingin untuk mengontrol temperatur agar tidak terjadi overheat.

Fungsi radiator pada mobil adalah memindahkan kalori panas dari mesin mobil ke udara. Radiator akan mengalirkan air, atau biasa juga disebut coolant, ke saluran yang sudah terpasang mengelilingi mesin mobil.

Saat coolant mengalir, akan menyerap suhu panas dan membawanya kembali ke radiator. Ketika sudah kembali, radiator akan mendinginkan kembali coolant tersebut dan membuang suhu panas ke udara.