POPULAR STORIES

Selesai Libur Tahun Baru Pakai Motor? Jangan Lupa Ikuti Langkah Servis Seperti Ini

Selesai Libur Tahun Baru Pakai Motor? Jangan Lupa Ikuti Langkah Servis Seperti Ini Selesai Libur Tahun Baru Pakai Motor? Jangan Lupa Ikuti Langkah Servis Seperti Ini (Kipli)

KabarOto.com - Perawatan berkala sepeda motor tentu tidak boleh terlewat oleh pemiliknya. Terlebih lagi, jika Sobat KabarOto menggunakan motor kesayangan untuk berlibur tahun baru. Selesai liburan tahun baru, jangan lupa melakukan perawatan agar kondisinya prima.

Ghozal Ansori, pemilik bengkel Bond Motor, spesialis mesin injeksi roda dua mengatakan, setiap melakukan servis sepeda motor, ada prosedur wajib yang seharusnya dilakukan mekanik.

”Komponen dalam sepeda motor itu banyak, namun memang ada yang vital untuk dilakukan pengecekan seperti hal-hal mekanis yang terdapat di beberapa part motor, selain itu ada juga kelistrikan yang tidak boleh ketinggalan dicek karena merupakan salah satu 'nyawa' dari motor itu sendiri,” ujar Ansor, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Dibengkel MMC (Matic Motor Center) Service Shockbreaker Hanya Rp40 Ribu

Sebagai informasi kepada konsumen, dirinya coba memberi tahu tahapan yang seharusnya dilakukan mekanik saat menangani kendaraan yang diservis.

Setidaknya ada 22 pemeriksaan saat servis dilakukan. ”Khusus untuk sepeda motor injeksi ada tambahan, seperti pemeriksaan sistem injeksi dan mencetak hasilnya, kemudian mengecek indikator Warning Light yang terdapat pada panel indikator,” bebernya.

Ia pun menjabarkan poin demi poin prosedur servis tersebut. Dimulai dari pemeriksaan suspensi depan dan belakang, pemeriksaan fungsi kelistrikan, pemeriksaan gerak bebas kemudi, pemeriksaan tegangan dan charge aki, pemeriksaan ban depan dan belakang.

Baca Juga: Bakal Buka Kelas Balap Vespa, LFN Sederhana Motorsport Siapkan 4 Senjata Rahasia

Hal tersebut dilanjutkan ke bagian mekanisme penyetelan handle gas, penyetelan tuas kopling jika ada, pemeriksaan dan penggantian oli mesin, pemeriksaan kelaikan roda dan jari-jari, pemeriksaan dan penyetelan rantai, pemeriksaan baut pengikat, pemeriksaan dan pembersihan saringan udara, pembersihan karburator jika perlu dan masih menggunakan sistem tersebut.

Hal mekanis lainnya kemudian termasuk pembersihan filter oli dan diganti jika perlu, pemeriksaan air radiator jika menggunakan water cooling, pemeriksaan busi dan kompresi mesin, pemeriksaan aliran oli dan penyetelan klep, pemeriksaan dan penyetelan putaran mesin

"Adapun untuk sepeda motor matik dilakukan pembersihan saringan CVT dan pemeriksaan oli CVT atau mekanisme CVT," tutupnya.