POPULAR STORIES

Jangan Asal, Ini Tips Pilih Bengkel Body Repair

Jangan Asal, Ini Tips Pilih Bengkel Body Repair Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Bengkel body repair sekarang sudah menjamur di Indonesia, namun perlu diperhatikan jika kalian mau hasil cat berkualitas, setidaknya pastikan bengkel tersebut memiliki cat oven, dan punya prosedur standar operasional, yang mendukung maksimalnya hasil pengecatan.

“Mungkin perbedaan utama itu adalah persiapan mengecatnya. Kalau bengkel cat mobil premium biasanya menggunakan oven, sehingga pengerjaannya lebih steril, meminimalisir adanya kontaminasi debu, setelah dicat supaya lebih cepat kering, di oven supaya keringnya merata,” jelas Kevin Widjaja owner Tiara Motorindo.

Sebelum pengerjaan, beberapa bagian seperti handle pintu dilepas, agar pengerjaan maksimal.

Untuk bengkel cat yang tidak memiliki oven, pastikan kalau tempatnya tertutup, sehingga meminimalisir terjadinya kontaminasi kotoran. Sebisa mungkin hindari pilih tempat yang tidak steril dari debu, dan di outdoor, bukan dalam ruangan.

Baca Juga : Begini Kelebihan Cat Oven Untuk Bodi Mobil

Sementara untuk bengkel yang punya oven, kalian juga bisa lihat saat pengerjaan, pendempulan harus dibersihkan lebih dahulu.

Lalu melakukan pencopotan bagian aksesori misalnya kalau di pintu seperti karet pelipit, handle pintu, kaca dan lainnya agar tidak terkena over spray. Serta pastikan menggunakan oven untuk memaksimalkan cat sehingga lebih bersih, dan pengeringannya maksimal.

Jika panel yang dicat kecil, bagian lain harus ditutup supaya tidak over spray.

Selain itu kalian bisa bertanya dahulu soal pengerjaan yang dilakukan, dan bisa melihat testimonial bengkel tersebut dari sosial media, atau googling lebih dahulu. Serta pastikan harganya cocok, berdasarkan bengkel cat yang KabarOto telusuri, bengkel cat tanpa oven biasanya dibanderol Rp 500 - Rp 1 jutaan per panel. Sementara dengan cat oven, harganya sekitar Rp 1,5 jutaan per panel untuk warna normal.