POPULAR STORIES

Begini Kelebihan Cat Oven Untuk Bodi Mobil

Begini Kelebihan Cat Oven Untuk Bodi Mobil Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Bengkel perbaikan bodi memang sudah menjamur di Indonesia, namun kita harus perhatikan ada bengkel yang menawarkan perbaikan cat biasa, serta dengan cat oven. Lalu sebenarnya apa kelebihan dari cat mobil menggunakan oven ini? Yuk kita bahas.

Penasaran soal cat oven, dan apa bedanya dengan metode cat biasa, KabarOto mendatangi salah satu bengkel bodi yang punya mesin cat oven di Jakarta Barat, yakni Tiara Motorindo.

Tempat yang steril dari debu akan menghasilkan permukaan lebih halus, dan maksimal.

Dijelaskan bahwa pengecatan menggunakan oven itu pastinya lebih steril, meminimalisir adanya debu dan kotoran yang akan mengganggu proses pengecatan, sehingga hasil cat lebih maksimal.

Baca Juga : Mengenal Teknik Pengelasan TIG Dan MIG Pada Knalpot Kendaraan

“Kalau kita cat di oven itu pasti lebih steril, karena biasanya kalau kita cat di luar ruang gitu pasti akan ada debu-debu yang membuat hasil cat nanti ada semacam titik-titik. Nah kalau ada titik saat kalian cat mobil, itu karena adanya debu atau kotoran ketika permukaan bodi dicat,” jelas Kevin Widjaja selaku punggawa Tiara Motorindo.

Mobil yang sudah dicat, akan didiamkan beberapa menit lalu oven dinyalakan.

Selain itu proses pengeringan menggunakan oven juga lebih maksimal, dan merata. Cat dan pernis mengering lebih cepat, dan sempurna, karena oven akan menjaga suhu sekitar kurang lebih 60 derajat secara bertahap, selama sekitar 2 jam.

Baca Juga : Processor Kunci Mudah Meningkatkan Performa Audio Mobil

Kalau proses pengeringannya sempurna, tentunya warna yang akan dihasilkan lebih keluar, serta tidak mudah berubah warna, menjadikan kualitas pengecatan sesuai pabrikan.

Berita Terkait

Berita Terkait