Jangan Asal Upgrade Perangkat Audio, Ada Step Yang Perlu Diperhatikan

Jangan Asal Upgrade Perangkat Audio, Ada Step yang Perlu Diperhatikan Sistem hiburan di dalam kabin

KabarOto.com - Sistem hiburan menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang kenyamanan ketika berada di dalam mobil. Untuk itu peningkatan perangkat audio pun kerap dilakukan pemilik mobil, salah satunya dengan mengganti audio standarnya dengan perangkat yang lebih modern.

Edward selaku Brand Manager Dynaudio Indonesia memaparkan, sistem hiburan khususnya audio di dalam mobil menjadi faktor penting untuk menunjang kenyamanan pengemudi maupun penumpang ketika berkendara.

Jika ingin mengupgrade audio mobil, masyarakat harus mempertimbangkan juga beberapa faktor sebelum memutuskan untuk memodifikasi perangkat hiburan, karena audio mobil sendiri terdiri dari beberapa tipe, ukuran, dan juga jenis yang tentunya berbeda-beda.

Baca juga: Audio Toyota Land Cruiser Sahara Ini Hasil Garapan Ahli Elektro Dan Modifikator

"Saat ini sudah banyak pilihan audio dari berbagai merek yang menawarkan teknologi canggih. Sebagai bahan pertimbangan, ada beberapa hal yang harus juga diperhatikan konsumen. Setidaknya konsumen bisa mendapatkan produk audio ataupun speaker dengan kualitas terbaik," ujarnya saat berbincang dengan KabarOto beberapa waktu lalu.

Edward pun menjelaskan, perangkat audio atau speaker mobil sendiri terbagi dalam dua jenis, yakni speaker model full-range yang memproduksi audio dalam satu wadah, dan juga component speaker yang terdiri dari midbass, tweeter, dan juga woofer.

"Sebelum memutuskan untuk mengupgrade perangkat audio, harus mengetahui dulu. Karena sebuah speaker perlu diperhatikan Speaker Sensitivity yang digunakan untuk mengukur bagaimana mencari amplifier yang cocok. Semakin tinggi nilai sensitivitas, semakin keras suara yang dihasilkan speaker," ujar Edward.

Perangkat audio

Edward menambahkan, "Jika konsumen ingin mendapatkan kualitas suara terbaik, sebaiknya menggunakan Component speaker. Untuk perangkat ini tentunya membutuhkan proses instalasi yang lebih profesional, karena penggunaan speaker di dalam kabin mobil biasanya lebih banyak," imbuhnya.

Selain itu yang tak kalah penting ketika memutuskan untuk upgrade sistem audio adalah penanganan daya (Power Handling) yang memungkinkan pemilik mobil mengetahui seberapa besar amplifier yang diperlukan. Jumlah daya biasanya diukur dalam satuan watt.

Baca juga: Siap-siap! Produk Audio Video Yang Beredar Di Indonesia, Wajib SNI

"Sebaiknya pemilik mobil itu harus mengetahui dulu, karena speaker dengan kualitas terbaik itu membutuhkan daya power amplifier dengan rentang 50-75 watt. Speaker bisa saja rusak, jika memiliki daya amplifier yang berlebihan," bebernya.

Poin pentingnya adalah si pemilik mobil sebaiknya harus memilih power amplifier yang sesuai dengan kemampuan speaker. Karena banyak ditemui jika instalasi tidak sesuai, dalam perpaduan antara kemampuan dari power amplifier dan speaker yang tidak berimbang, yang berakibat sistem audio mobil tidak maksimal.