POPULAR STORIES

Jangan Biarkan Saringan Udara Sepeda Motor Kotor!

Jangan Biarkan Saringan Udara Sepeda Motor Kotor! saringan udara di motor skuter matic (foto:welovehonda.com)

Fungsi dari saringan udara yaitu untuk menyaring agar udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak bercampur dengan partikel partikel kotoran dan debu. Kalian pasti pernah merasakan tiba tiba tarikan motor jadi berat alias lelet. Konsumsi bahan bakar pun jadi boros. Jangan kaget guys itu semua karena Saringan Udara sepeda motor kotor.

Jika saringan udara kotor dan menempel serta tidak dibersihkan,kotoran tersebut akan kesedot kedalam mesin. Ini akan membuat menurunnya performa dari mesin. Untuk itu jangan biarkan saringan udara sepeda motor kotor!

Saringan udara ada dua tipe guys cara membersihkannya juga beda. Saringan udara kering dan saringan udara basah. Perbedaannya kalau saringan udara kering itu hanya terdiri dari kawat dan busa. Ada juga yang terbuat dari kertas. Kalau saringan udara basah, biasanya terbuat dari kertas/busa yang mengandung pelumas.

Screen Capture welovehonda.com

Nih tips cara bersihin saringan udara yang kotor dengan benar dirangkum dari welovehonda.com:

Untuk saringan udara kering, cara bersihinnya harus bongkar bagian busa/kertas di dalam box saringannya. Brosis bisa menggunakan udara bertekanan atau dicuci dengan air untuk saringan yang berbahan busa. Setelah selesai keringkan dulu lalu masukan lagi ke box.

Sedangkan untuk saringan udara tipe basah lebih simple lagi hanya dengan menggantinya. Masa waktu penggantiannya bisa sampai 15-16 ribu km! Beda dengan saringan udara kering yang idealnya kudu dibersihin tiap 5000km.

Baca juga: