POPULAR STORIES

Jaga Kebersihan Kabin! Jangan Biarkan Sisa Makanan Menumpuk

Jaga Kebersihan Kabin! Jangan Biarkan Sisa Makanan Menumpuk Jaga Kebersihan Kabin!, Jangan Biarkan Sisa Makanan Menumpuk.

KabarOto.comMobil memang bisa menjadi rumah kedua bagi sebagian orang, ada pula kegunaan mobil sebagai sarana transportasi keluarga sehari-hari. Sembari menghabiskan waktu didalam mobil, terkadang banyak kegiatan yang juga dilakukan, salah satunya makan, ngemil, atau yang punya anak kecil bisa sambil menyusui, dan sebagainya.

interior mobil
Mulai dari jok, konsol tengah, hingga karpet dasar semua dilepas, demi mencapai celah kecil.

Tak jarang juga makanan yang kita makan tersebut terjatuh atau tumpah. Namun, masih banyak dari pemiliki mobil yang kurang perhatian terhadap hal tersebut.

“Biasanya hal ini terjadi pada mobil keluarga, kan tidak mungkin kalau mobil keluarga kita melarang anak-anak untuk makan kan. Nah kita harus perhatikan juga, misalnya apa ada bekas-bekas makanan yang terjatuh, karena akan berdampak kepada bau kabin yang kurang sedap nantinya, “ ujar Tommy selaku pemilik DressUp Autodetailing.

Baca juga: Ini Dia Tips Merawat Jok Berbagai Bahan

Lanjutnya lagi, tidak hanya bau kurang sedap saja, jika kita biarkan terus menerus, sirkulasi udara dari evaporator juga akan terkontaminasi yang ujung-ujungnya A/C akan apek saat dinyalakan.

jaga kebersihan kabin
Tampak kotoran yang ada pada bagian bawah karpet mobil

Cara mencegah paling mudah adalah dengan rajin-rajin men-vacuum interior mobil. Tetapi, perlu diingat kalau terkadang vacuum-pun tidak dapat menyentuh celah-celah yang sempit didalam kabin interior. “idealnya, jika mobil tersebut sering digunakan untuk keluarga, harus 6 bulan sekali di detailing. Nantinya saat proses detailing, jok akan turut dibongkar, agar interior mobil tersebut dipastikan benar-benar bersih,” lanjut pria ramah berkacamata itu.

Jika para pemilik mobil tidak pernah membersihkan interior mobilnya padahal sering digunakan keluarga, nantinya pasti akan banyak serangga di dalam kabin mobil, entah semut, kecoa, dan lainnya, bahkan menjadi sarang serangga. Bahkan dalam kasus terparah, mobil yang terkena tumpahan susu dan didiamkan oleh pemiliknya, bagian yang ketumpahan tersebut akan terkontaminasi dengan bakteri dan menjadi sarang belatung loh.

Apabila mobil kalian sudah menjadi sarang serangga, solusinya bisa menggunakan racun serangga, biarkan serangga mati terlebih dahulu, lalu bersihkan spot yang di semprot racun serangga dengan cara disikat dengan air, dan biarkan mobil dalam keadaan terbuka selama 1-2 jam agar bau dari racun serangga keluar semua.

Jika mau yang lebih aman, bisa gunakan fumigator fogging. Jadi alat ini akan menyemburkan asap seperti fogging untuk membunuh kuman dan serangga yang ada dalam kabin, dan fumigator ini memang dibuat khusus untuk interior mobil.

Kesimpulannya, gampang kok jika gamau mobilmu jadi bau apek atau sarang serangga, cukup jaga kebersihannya saja biar nyalam didalam kabin mobil.