Ini Dia Tips Merawat Jok Berbagai Bahan

Ini Dia Tips Merawat Jok Berbagai Bahan Tips Merawat Jok Berbagai Bahan.

KabarOto.com – Hal yang cukup membuat risih pengguna mobil adalah interior kotor, dan juga rusak. Hal tersebut biasanya didapati pada interior mobil-mobil lama, yang paling sering kita temui adalah keadaan dimana kulit jok mengalami getas atau pecah-pecah.

“Untuk merawat jok kulit sebenarnya tidak terlalu sulit, dengan teknologi yang ada sekarang ini, untuk menjaga jok kulit itu harus diberi pelembab yang namanya leather care cream. Jadi fungsinya untuk melembabkan bahan kulit, karena biasanya jok kulit itu mudah kaku saat terkena panas, celana, atau terkena gesekan, hal ini biasanya terdapat pada jok sisi pengemudi,” ujar Tommy pemiliki DressUp Autodetailing.

Baca Juga : Jok Elektrik Juga Memiliki Perawatan Khusus, Nih Tipsnya

Selain itu, tidak hanya kulit yang getas saja, melainkan warna kulit juga dapat memudar jika kita tidak merawatnya. Solusinya, kita harus rajin membersihkannya dengan interior cleaner. Karena kalau kita menggunakan bahan lain, apalagi dengan Ph yang tidak sesuai, bahan pembersih tersebut justru akan berdampak pada kecerahan warna kulit itu sendiri.

Yang tidak mau repot-repot atau tidak punya waktu banyak untuk merawat jok, bisa dengan menggunakan Leather Coating juga. Efeknya sama seperti coating-coating pada umumnya, yaitu membuat lapisan pada jok agar terlindungi, lebihnya lagi jok kulit kalian dapat memiliki efek seperti daun talas. Apabila ketumpahan suatu cairan tertentu cairan tersebut tidak akan terlalu mengotori kulit, dan bisa langsung dilap.

Berbeda lagi dengan jok yang menggunakan kulit sintetis, untuk perawatan kulit sintetis, tidak perlu repot-repot menggunakan cream seperti kulit asli. Karena bahan sintetis bisa kita rawat dengan bahan yang kita gunakan untuk membersihkan trim atau plastik dasbor.

Baca Juga : Pilih Mana, antara Jok Kulit Sintetis Atau Semi Sintetis?

Begitu pula dengan bahan fabric yang biasanya digunakan pada bawaan pabrik, perawatannya tentu berbeda dengan kulit. “untuk bahan fabric biasanya lebih kepada kotor debu, caranya bisa dengan ditepuk agar debunya keluar, lalu di vacuum agar debu-debunya terangkat. Lalu jika ketumpahan susu misalnya, caranya mudah, tinggal menggunakan lap plaschamois lembab, lalu ditekan hingga nodanya terangkat lalu disapukan. Baru setelah itu disikat dengan interior cleaner, lalu pakai plaschamois lembab lagi untuk mengangkat kotoran lalu dikeringkan,” kata pria ramah tersebut.

Fabric juga ternyata bisa di coating juga loh, jadinya jok fabric kalian bisa anti air. Untuk prosesnya sendiri juga tidak lama, pagi masuk, sore mobil sudah bisa digunakan. Harganya juga tidak terlalu mahal loh, hanya Rp 800 ribu bahan fabric sudah jadi anti air.