POPULAR STORIES

Jok Elektrik Juga Punya Perawatan Khusus, Nih Tipsnya

Jok Elektrik Juga Punya Perawatan Khusus, Nih Tipsnya Jok Elektrik Ternyata Juga Punya Perawatan Khusus Foto: Kipli

KabarOto.com - Dewasa ini, kendaraan yang beredar apalagi kelas premium rata-rata sudah dibekali jok elektrik dimana pemilik kendaraan semakin dimudahkan dalam penyetelan posisi pengemudi.

Namanya elektronik, pasti ada saja titik rentannya. memang, logikanya dalam hal perawatan pastinya lebih simpel dengan tipe manual, namun bukan berarti kita juga tak bisa merawat tipe jok elektrik ini.

"Memang jarang ada kasus konsumen mengeluh kursi elektrik mobilnya rusak, kalau adapun biasanya mobil umurnya lebih dari 5 tahun, kemungkinan bisa ada error pada beberapa komponen," Kata Tarwa, spesialis jok di daerah Joglo, Tangerang.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Mencuci Mobil, Begini Caranya!

Ia juga bilang, sebaiknya jika ingin mengatur jok, waktu yang tepat adalah saat kendaraan berhenti. "agar tak terjadi malfungsi antar komponen listrik lain dan lebih aman juga dalam berkendara," imbuhnya.

perawatan jok elektrik
Contoh Perawatan Jok Elektrik Yang Benar

"Remah makanan, debu, dan kotoran lain juga bisa jadi salah satu penyebab electric seat ngadat. Jadi sering-sering dibersihkan pakai silicone spray yang banyak dijual di toko otomotif, caranya cukup pakai sikat dan semprot di sela-sela tombol, oiya jangan lupa dikeringkan pakai semprotan angin sebelum digunakan" bebernya.

Baca Juga : Mau Pilih Yang Mana, Jok Kulit Sintetis Atau Semi Sintetis?

Meski jok elektrik jarang mengalami kerusakan, namun jika ada yang rusak, biaya yang harus Sobat Kabaroto keluarkan juga cukup besar.

Tarwa bilang untuk mobil Asia, rata-rata biaya perbaikan mulai dari Rp 200 ribu. Sedangkan harga komponen berkisar dari Rp 200 ribu sampai Rp 1 juta, tergantung merek dan tipe mobilnya.

Sedangkan untuk mobil buatan Eropa, biaya ongkos pengecekan jok elektrik berkisar dari Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta. dan spare parts dibanderol antara Rp 2 juta hingga Rp 10 juta, tergantung jenis dan merek mobilnya.

Berita Terkait

Berita Terkait