POPULAR STORIES

Jangan Sembarangan Cuci Mobil, Begini Caranya!

Jangan Sembarangan Cuci Mobil, Begini Caranya! Mencuci Mobil Ternyata Tidak Boleh Sembarangan. Foto: Wandha

KabarOto.com - Bagi pemula, mungkin mencuci kendaraan terlihat mudah selayaknya mandi. Setelah ditelusuri, ternyata sangat berbeda loh. Mencuci kendaraan dengan cara yang kurang benar, bisa-bisa membuat bodi kendaraan khusus cat pada mobil tergores atau lecet.

Kendaraan khususnya mobil, ternyata ada trik atau urutan membersihkannya. Hal utama yang harus diketahui sobat Kabaroto yaitu jangan langsung menyiram semua bagian mobil. Tidak hanya itu, yang tak kalah penting adalah pastikan memiliki dan menggunakan kain lap dan sponge yang berbeda.

Untuk sabunnya bisa gunakan sabun pada umumnya yang berbusa dan kuat mengangkat kotoran, contohnya sabun colek atau shampoo. Jika ingin yang lebih khusus bisa juga gunakan sabun untuk cuci mobil yang dijual di minimarket.

Baca juga: Estimasi Harga All New Nissan Livina Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander

mobil

Kira-kira diperlukan dua sponge dan dua kain lap, karena masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Seperti bagian bawah mobil yaitu ban, pelek, dan bemper butuh sponge yang berbeda dengan yang digunakan untuk bodi dan kaca.

Begitupun dengan kainnya, seperti yang dikatakan oleh Deva selaku Penanggung Jawab Black Beauty Car Wash, "Biasanya, orang kalau cuci mobil dirumah itu setelah selesai cuma dilap pakai kanebo. Padahal itu belum selesai, harusnya dilap lagi pakai kain microfiber supaya memastikan benar-benar kering. Soalnya kalau ternyata masih lembab atau dibiarin kering dengan matahari bisa-bisa malah bikin jamuran."

Baca juga: Land Rover Hadirkan Velar Edisi Khusus Dengan Rentang Produksi Yang Singkat

cuci mobil

Tahap awal, cucilah mobil dari bagian bawah seperti ban, pelek, dan bumper. Jadi ban, pelek, dan bumper cukup menjadi bagian yang harus dipastikan bersih terlebih dahulu. Alasannya, bagian bawah mobil adalah bagian yang paling kotor dan cepat terkena kotoran. Segala kotoran seperti debu, pasir, atau kotoran lainnya banyak menempel dibawah sini.

Biasanya jika datang ke car wash, bagian kolong mobil akan ikut dibersihkan tapi untuk cuci dirumah mungkin sulit terjangkau. Dan jangan lupa untuk keluarkan karpet-karpet yang ada di mobil untuk dicuci atau divacuum.

Setelah bagian bawah dipastikan bersih, bagian lainnya bisa beranjak di bagian depan seperti kap, kaca, mobil, lampu, dan detail-detail lainnya hingga ke belakang bodi mobil. Cara menggosok bodi mobil juga tidak bisa asal-asalan loh.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Layanan, Honda Skill Contest Kembali Digelar di Indonesia

cuci mobil

"Kalau menggosok itu baiknya dari atas ke bawah, satu arah aja. Soalnya kalau gosoknya memutar, itu nanti membuat bekas gelembung-gelembung seperti plak yang tidak bersih. Biasanya kelihatan kalau siang hari. Cara lap untuk bodi juga sama, cukup gini (satu arah)," jelas Deva.

Biasanya bodi mobil juga penuh dengan kotoran yang tebal, jika seperti ini Sobat Kabaroto bisa sekaligus menggosok bodi dengan sponge yang sama dengan bemper. Tapi ada caranya lagi, jangan gunakan tenaga kuat-kuat ya, bisa-bisa tidak hanya debu yang luntur tapi cat mobil ikut tergores.