Jangan Lupakan Detail Ini Selepas Mobil Terendam Banjir

Jangan Lupakan Detail Ini Selepas Mobil Terendam Banjir

KabarOto.com - Banjir yang melanda sebagian wilayah Indonesia akibat curah hujan yang tinggi beberapa saat lalu memang menyisakan banyak korban, dalam hal ini khususnya mobil yang terendam banjir.

Ada beberapa tips ringan dari Astra Daihatsu Motor (ADM) yang sekiranya berguna untuk Sobat KabarOto dalam menangani kendaraan secara tepat pasca banjir.

Melakukan evakuasi kendaraan, bedakan penanganan untuk tiap jenis transmisi pada mobil agar meminimalisir kerusakan, karena menurut pihaknya, mobil bertransmisi manual dan otomatis memiliki perlakuan yang berbeda.

Baca juga: ASA Jadi Fitur Keamanan Baru Daihatsu

"Transmisi kendaraan manual bisa dibawa dengan cara ditarik atau pun towing. Sedangkan, khusus transmisi kendaraan otomatis, mobil harus digendong untuk menghindari kerusakan karena tidak adanya pelumasan," ujar Muhammad Faqih selaku Service Advisor PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation.

Secara umum hal pertama yang harus diperhatikan setelah mobil terendam banjir adalah memastikan keadaan komponen mesin, "Seperti karburator, alternator, saringan udara, koil, dan kabel-kabel elektrikal kering seluruhnya ketika ingin menyalakan mobil," imbuhnya.

Baca juga: Keren Nih, Polisi di Jawa Barat Gunakan Mobil Listrik

Ia menyarankan agar tidak lupa untuk mengganti oli mesin dan menguras tangki bahan bakar, karena menurutnya saat terendam banjir, air mungkin saja masuk ke area melalui celah-celah yang tidak bisa diduga.

"Perhatikan juga komponen kabin seperti karpet dasar, jok kursi, door trim, dan head lining. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari ruang mesin, kabin, bagasi, hingga saringan udara AC agar tidak menyebabkan penumpukan kotoran, jamur, aroma tidak sedap, dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin," ujarnya.