POPULAR STORIES

Jarang Diperhatikan, Ini Cara Merawat Jok Motor

Jarang Diperhatikan, Ini Cara Merawat Jok Motor Kipli/ KabarOto

KabarOto.com - Jok motor berfungsi sebagai tempat duduk baik bagi pengendara maupun penumpang. Kenyamanan berkendara pun juga dipengaruhi oleh keberadaan jok yang perlu diperhatikan perawatannya.

Wahidin selaku Senior Manager After Sales PT.Thamrin Brothers memberikan sejumlah poin untu kerawat jok motor :

1.Perhatikan parkir motor

Sobat tidak hanya memanfaatkan sepeda motor sebagai alat transportasi. Namun juga harus memperhatikan beberapa poin, meskipun terlihat sederhana, termasuk parkir motor.

Parkir di tempat terbuka membuat motor terkena panas serta hujan dan dapat berdampak buruk jika terjadi secara terus menerus, salah satunya bagian jok motor.

Baca Juga: Bengkel Jok Kendaraan Serba Bisa Ini Patok Banderol Terjangkau

Efek jok motor yang terlalu sering terkena panas dan hujan membuat jok mudah rusak seperti kaku dan robek. Selain efek dari cuaca, terdapat beberapa faktor lain yang dapat dengan mudah merusak jok motor seperti cakaran kucing, gesekan dari pengendara lain dan sebagainya.

Oleh sebab itu ada baiknya untuk dapat memilih parkir yang tertutup yang tidak langsung terkena matahari. "Jika tidak ada area parkir yang tertutup, disarankan untuk menggunakan cover jok agar tidak mudah rusak," ujarnya.

2.Membersihkan jok

Berbeda dengan bodi dan mesin motor, menurut Wahidin, jok motor jangan terlalu sering dicuci dengan sabun.

Efek dari sabun pembersih kurang baik jika terlalu sering terkena jok, dikhawatirkan jok yang sering terkena sabun pembersih akan membuat lebih cepat rusak atau robek.

Baca Juga: Ada 150 Suku Cadang Agar Jok Peugeot Nyaman Diduduki Penggunanya

"Disarankan hanya mengelapnya saja dan bahan yang digunakan yaitu kain lap berbahan micro fiber dan air," jelasnya.

3.Perhatikan barang bawaan

Selain sebagai alat transportasi, fungsi sepeda motor saat ini sebagai alat angkut barang bawaan sehari-hari, baik dari skala yang kecil sampai yang besar.

Oleh sebab itu, berhati-hati dalam membawa barang terutama untuk yang ditaruh di atas jok. Jika barang yang dibawa kotor, basah atau memiliki sudut yang tajam pastinya bisa berbahaya bagi jok motor.

Selain jok motor kotor hingga robek, muatan berlebih berbahaya bagi diri sendiri, muatan yang berlebihan dapat membahayakan pengendara lain.