POPULAR STORIES

Jas Hujan Yang Aman Dan Nyaman Saat Kendarai Motor

Jas Hujan yang Aman dan Nyaman Saat Kendarai Motor Pengendara motor gunakan jas hujan (Foto Ilustrasi: Kipli/DAM)

KabarOto.com - Memilih jas hujan yang aman dan nyaman saat berkendara di musim hujan sangatlah penting. Jika tidak tepat dapat membahayakan keselamatan pengendara, seperti tidak terlihat oleh pengendara lain atau membuat pengendara kesulitan bergerak.

Fungsi dari penggunaan jas hujan untuk meminimalisir masuknya air yang mengenai bagian tubuh dan pakaian, ketika berkendara dalam kondisi hujan. Banyaknya berbagai macam jenis jas hujan tentunya memiliki banyak kelebihan dan kekurangan.

Baca Juga: Doyan Trabasan? Ini Cara Pilih Sepatu Cross Agar Nyaman Dipakai Libas Trek Offroad

“Berbagai macam jenis jas hujan yang ada, maka disarankan untuk memilih jas hujan yang tepat, mulai dari jenis hingga warna jas hujan untuk kenyamanan dan keamanan pengendara maupun pengguna sepeda motor lainnya,” buka Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Jenis jas hujan yang baik dan aman digunakan adalah setelan atas berupa jaket dan bawaha celana. Jas hujan seperti ini memudahkan kita untuk bergerak dan menutup seluruh bagian tubuh, serta tidak mengganggu pengendara lain atau orang yang di bonceng.

Baca Juga: Begini Cara Pilih Pelumas Kendaraan Yang Baik

Tidak disarankan menggunakan jas hujan jenis ponco. Walaupun ukuran yang sangat besar dan bisa melindungi tubuh pengendara namun berisiko tersangkut pada kendaraan lain, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

“Selain itu, jas hujan tipe ponco akan menghalangi pandangan dari pengendara lain apabila tertiup angin dan akan menyebabkan kecelakaan juga,” jelas Ludhy.

Pemilihan warna yang baik adalah warna yang cerah dan mencolok, hal ini agar memudahkan pengendara lain dalam melihat keberadaan kita. “Karena ketika turun hujan, tingkat penglihatan pengendara akan berkurang dikarenakan terhalangi oleh air hujan,” tutup Ludhy.