POPULAR STORIES

Begini Cara Pilih Pelumas Kendaraan Yang Baik

Begini Cara Pilih Pelumas Kendaraan yang Baik Kipli

KabarOto.com - Ada satu hal yang wajib diketahui bagi para pemilik kendaraan, yakni memilih pelumas yang tepat untuk mesin sesuai kebutuhan.

Pelumas yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan mesin, akan membantu memberikan performa yang baik dan menjaga kondisi mesin agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Arief Hidayat selaku CEO PT Welty Indah Perkasa memberikan beberapa penjabaran terkait hal tersebut di kawasan Jakarta Utara, Sabtu (25/06) dihadapan para komunitas, bengkel dan media.

Baca juga: Pentingkah Engine Flush Tiap Ganti Pelumas? Ini Penjelasannya

"Efek pelumas yang tidak sesuai kebutuhan mesin jika dibiarkan maka timbul hal-hal negatif contohnya engine knocking," jelas Arief.

Menurutnya, gejala knocking atau 'ngelitik' kerap terjadi di putaran mesin rendah. "Saat 'running temperature', fungsi oli bukan lagi sebagai pelumas, namun harus sanggup mengatasi permasalahan di ruang bakar akibat pemakaian BBM yang kurang tepat," bebernya.

Baca juga: Ini Harga Pelumas Wealthy Yang Diklaim Sudah API Service SP

Menurutnya, American Petroleum Institute (API) yang seharusnya digunakan untuk mesin modern seperti sekarang harus memenuhi kualifikasi. "Jangan lagi gunakan API SN, kita sudah berada di era mesin harusnya menggunakan API SP," wantinya.

Selain itu, pelumas yang baik harus bisa memenuhi kriteria yang disebutkan, contohnya anti foaming, pemecah emulsi, flash point, adaptasi viskositas, pour point dispersant, pencegah karat, anti wear, tahan terhadap kondisi ekstrem dan anti oksidan.