POPULAR STORIES

Pentingkah Engine Flush Tiap Ganti Pelumas? Ini Penjelasannya

Pentingkah Engine Flush Tiap Ganti Pelumas? Ini Penjelasannya Engine Flush Wealthy (Kabaroto/Kipli)

KabarOto.com - Pelumas kendaraan berperan vital dalam melumasi bagian-bagian internal mesin, seperti piston, camshaft dan bagian penggerak lainnya.

Menilik fungsinya yang vital bagi kinerja dan kelangsungan hidup mesin itu sendiri, maka sudah sewajarnya jika mesin harus mendapatkan perawatan ekstra.

Banyak produsen pelumas, kini mengklaim bahwa produknya dapat digunakan hingga interval 10 ribu hingga 15 ribu km sebelum jadwal ganti oli selanjutnya.

Baca Juga: Wealthy Group Gelar Edukasi Pelumas Ke FBKK Kota Depok

Termasuk didalam prosesnya, banyak yang menyarankan untuk menggunakan engine flush agar memaksimalkan proses penggantian pelumas.

"Penggunaan engine flush memang disarankan, contohnya saja pengaruh aditif yang berbeda dari penggunaan oli dengan merek dan spesifikasi yang berbeda pula, yang dikhawatirkan adalah tercampurnya zat aditif tersebut sehingga menimbulkan kerusakan mesin," ujar Arief Hidayat selaku CEO PT Welty Indah Perkasa.

Baca Juga: Ini Harga Pelumas Wealthy Yang Diklaim Sudah API Service SP

Tak hanya itu, menurut Arief, hal tersebut wajib dilakukan agar memaksimalkan kinerja dan mengembalikan performa mesin seperti sedia kala.

"Engine flush yang benar akan membantu menjaga kinerja mesin agar berumur panjang. Penggunaannya pun cukup simpel, saat mesin mati, cukup tuang engine flush sebelum oli lama dibuang. Lalu nyalakan mesin sekitar 10 menit. Ini berguna agar engine flush dapat bersirkulasi di jeroan mesin dan merontokkan kotoran," beber pria yang berkantor di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat itu.

Nah, Sobat KabarOto sekarang punya cara lain untuk merawat mesin, kan!