POPULAR STORIES

Jeep Compass Dan Renegade Versi Plug-in Hybrid Meluncur Di Eropa

Jeep Compass dan Renegade Versi Plug-in Hybrid Meluncur di Eropa Sumber Foto : FCA

KabarOto.com – Pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Jeep, memperkenalkan varian terbaru untuk dua model mereka yaitu Jeep Compass 4xe dan Jeep Renegade 4xe.

Kedua model ini dikemas dalam tiga varian yaitu Limited, S dan Trailhawk. Dan, kedua mobil ini akan mulai dijual pada bulan September mendatang. Varian baru ini akan diproduksi di pabrik FCA Melfi di Basilicata, Italia.

Baca Juga : Jeep Wrangler Rubicon 392 Concept, Menjegal Ford Bronco?

Untuk Compass dan Renegade menggunakan unit motor listrik yang sama. Adapun motor listrik bertenaga 60 dk diposisikan untuk menggerakkan roda belakang. Motor listrik ini dikawinkan dengan mesin bensin 1.300 cc turbocharger.

Bicara soal tenaga mesin keduanya berbeda. Adapun varian Limited memiliki tenaga 130 dk dan torsi 270 Nm ditambah motor listrik 60 dk dan 250 Nm, total menjadi 190 dk dan 520 Nm.

Lalu untuk varian Trailhawk dan S memiliki tenaga 180 dk dan torsi 270 Nm ditambah motor listrik berkekuatan sama, total menjadi 240 dk dan 520 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis 6 percepatan. Dari hasil pengetesan kedua mobil dapat berlari 0-100 kpj tuntas dalam 7,5 detik saja.

Kedua mobil ini memiliki kapasitas baterai sebesar 11,4 kWh yang diklaim mampu berjalan sejauh 50 km dalam mode full-electric. Kecepatan maksimalnya mampu menembus 130 kpj dalam mode full-electric, sementara dalam mode hybrid mampu menembus 200 kpj.

Baterai tersebut diposisikan di bawah kursi baris kedua, hal ini bertujuan agar tidak mengorbankan ruang bagasi dan ban cadangan. Alhasil, kapasitas bagasi untuk Renegade sebesar 330 liter dan 420 liter untuk Compass.

Tidak lupa, baterai ini dapat di isi ulang saat deselerasi atau melalui paket charger easyWallbox. Perangkat ini dapat digunakan di rumah atau pengisian umum. Untuk pengisian baterai membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan wallbox 7,4 kW.

easyWallbox

Memberikan kenyamanan dan keamanan, perangkat kelistrikan di kedua mobil ini sudah tahan air dengan penambahan pelindung bawah bodi dari besi. Selain itu, mobil ini dapat melibas air hingga ketinggian 500 mm. Kedua model ini memiliki lima driving mode yaitu, Auto, Sport, Mud & Sand, Snow and Rock (untuk varian Trailhawk).

Baca Juga : Ford Bronco Sudah Lahir Kembali, Ingin Lunturkan Jeep

Bicara soal fitur keamanan, untuk varian 4xe ini sudah menggusung sistem kekinian yaitu ADAS system. Sistem tersebut termasuk lampu depan high-visibility LED (untuk Renegade), Bi-Xenon (untuk Compass), Forward Collision Warning and Lane Departure Warning Plus, Intelligent Speed Assist and Traffic Sign Recognition (untuk Renegade). Selain itu, Blind spot detection, ParkView rear backup camera with dynamic grid lines, automatic park assist dan Keyless Go.

Soal harga, untuk pasar Eropa untuk Renegade 4xe mulai dari EUR38.800 atau setara Rp658 juta, sementara untuk Compass mulai dari EUR43.300 atau setara Rp735 jutaan.