Jeep Gladiator 2021 Sudah Tersemat Mesin EcoDiesel Anyar

Jeep Gladiator 2021 Sudah Tersemat Mesin EcoDiesel Anyar Jeep Gladiator Diesel (Jeep)

KabarOto.com - Punya dimensi bongsor, memiliki bobot yang berat, dan menggendong mesin berkapasitas besar cenderung boros, merupakan salah satu ciri khas mobil SUV atau pikap keluaran Amerika Serikat.

Namun, di tengah permintaan konsumennya yang menginginkan mesin lebih hemat bahan bakar, Jeep akhirnya mengeluarkan pilihan mesin diesel untuk model Jeep Gladiator versi 2021.

Baca Juga: Inisiatif J3K, Layanan Baru Gojek Masuki New Normal

"Sebelum kami memperkenalkan Gladiator, salah satu pertanyaan paling umum yang ditanyakan konsumen kepada kami adalah apakah akan ditawarkan dengan mesin diesel? Saya senang menjawabnya dengan tegas, Ya!" kata Jim Morrison, Head of Jeep Brand Amerika Utara.

Lebih lanjut ia mengatakan, Gladiator terbaru akan menggunakan mesin EcoDiesel V-6, DOHC, berkapasitas 3.000 cc. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 260 dk dan torsi 599 Nm. Meski kapasitas mesinnya masih tergolong besar, namun Jeep mengklaim bahwa dapur pacu itu tergolong efisien.

Jeep Gladiator 2021

Meski tak merinci secara jelas mengenai jumlah konsumsi bahan bakar, namun Jim mengatakan efisiensi bahan bakar juga ditunjang beberapa fitur canggih.

Di antaranya adalah teknologi engine stop-start (ESS), yang juga tersedia tersedia pada model Gladiator Sport, Overland, dan Rubicon.

"Generasi ketiga dari mesin V6, EcoDiesel V-6 3.000 cc turbocharged memberikan performa, bersama dengan penghematan bahan bakar yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Gladiator," tutur Jim.

Mesin bertenaga besar namun irit bahan bakar

Mengimbangi beban torsi yang lebih besar, mesin EcoDiesel V-6 tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan TorqueFlite 8HP75. Diklaim telah dikalibrasi untuk dapat melakukan shifting pada RPM rendah.

Baca Juga: Lamborghini Urus Coba Pecahkan Rekor SUV Di Nurburgring

Selain itu, Jeep juga telah melakukan rekayasa pada bagian port intake head silinder, yang didesain ulang dengan kemampuan aliran yang lebih tinggi sehingga meningkatkan kinerja dan penghematan bahan bakar.

Bagian lain yang dirancang ulang adalah nosel injektor bahan bakar bertekanan tinggi (29.000 psi / 2.000 bar) agar sesuai dengan ruang pembakaran yang baru.

"Rencananya, Jeep Gladiator EcoDiesel 2021 mulai dijual pada kuartal ketiga 2020 dan calon pembeli sudah dapat memesannya sekarang," pungkas Jim.