Jejak Honda Scoopy, Satu Dekade Lima Generasi

Jejak Honda Scoopy, Satu Dekade Lima Generasi

KabarOto.com – Beberapa waktu lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan versi terbaru Honda All New Scoopy. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2010, skutik retro ini sudah memasuki model kelima selama hampir satu dekade hadir di Indonesia.

KabarOto mencoba mengulas model Honda Scoopy dari generasi awal dan terbaru yang hadir di pasar domestik Indonesia. Model desain dan tampilan retro-nya tetap dipertahankan sebagai ciri khas skutik mungil ini.

Pertama kali hadir, Honda Scoopy sudah mengusung gaya retro. Desain yang unik dengan bentuk membulat, ternyata mampu menarik perhatian konsumen di Tanah Air.

Generasi pertama ini dibekali mesin 110 cc karburator. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 8,13 dk dan torsi 8,32 Nm. Mesin ini mirip dengan yang digunakan oleh Honda Beat model pertama.

Baca Juga : Profil All New Honda Scoopy

Honda Scoopy Generasi Pertama (2010)

Generasi kedua Honda Scoopy lahir pada 2013, kesan retro masih dipertahankan, namun dibuat lebih segar. Beberapa bagian mengalami perubahan, misalnya desain headlamp yang lebih modern yang dilengkapi proyektor.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, lampu sein bagian depan dan belakang dibuat menyatu dengan bodi. Untuk performanya, Honda Scoopy model kedua ini masih menggunakan mesin yang sama dengan pendahulunya, yakni mesin berkapasitas 110 cc, berpendingin udara bertenga 8,4 dk dan torsi 8,98 Nm.

Baca Juga : First Ride - All New Honda Scoopy Stylish Dan Prestige

Generasi Kedua (2013)

Memsauki 2015, AHM merilis generasi ketiga Honda Scoopy. Namun, secara keseluruhan tidak banyak berubah dari model sebelumnya.

Bentuk desainnya masih sama persis, hanya saja memiliki pilihan warna yang berbeda. Maklum saja, Honda lebih fokus untuk memberikan fitur yang lebih banyak untuk generasi ketiga ini.

Beberapa fitur baru, seperti ACG Starter yang membuat suara mesin lebih halus ketika dihidupkan, ISS (Idling Stop System) yang berfungsi membuat mesin mati secara otomatis jika motor berhenti lebih dari lima detik, dan eSP yang merupakan pengembangan baru dari Honda pada saat itu.

Dengan teknologi eSP, kinerja mesin diklaim bisa lebih optimal. Pasalnya, tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar, yakni 8,7 dk dan torsi 9,1 Nm. Bukan hanya itu, generasi ketiga, ini dibekali fitur answer back system atau remote yang memudahkan kita mencari motor saat di parkiran.

Baca Juga : Konsep Bugatti Bolide, Jawaban Pabrikan Asal Perancis Soal Mobil Ringan Dan Super Cepat

Generasi Ketiga (2015)

Lanjut ke generasi keempat, perubahan yang cukup signifikan sangat terlihat pada model terbaru ini.

Mengusung desain khas Scoopy, namun banyak hal baru dilakukan oleh desainer Honda. Model lampu utamanya sudah menggunakan LED proyektor, dengan lampu sein yang terintegrasi langsung.

Semua fitur yang ada di model sebelumnya tetap dipertahankan, dan ditambah fitur baru, seperti kompartemen di bawah setang yang dilengkapi power outlet untuk charging smartphone.

Kemudian, ada fitur anti-theft yang meminimalisir tindak pencurian kendaraan bermotor. Bukan hanya itu, ukuran peleknya pun jauh berbeda dari model sebelumnya. Jika sebelumnya, menggunakan pelek 14 inci dengan ban 80/90 dan 90/90, kini peleknya pakai 12 inci.

Pelek yang mengecil itu dibalut ban yang tebal, yakni berukuran 100/90 untuk depan dan 110/90 untuk belakang.Dengan kaki-kaki itu, tampilan Scoopy versi ini terlihat lebih imut dibanding versi-versi sebelumnya.

Soal performa, Scoopy generasi keempat ini masih menggunakan mesin eSP berkapasitas 110 cc dengan power 8,97 dk dan torsi 9,4 Nm.

Baca Juga : Dilan Sekarang Naik Honda Grand Civic Nouva

Generasi Keempat (2017)

Pada generasi kelima atau yang paling terbaru ini, perubahan pada desain cukup banyak terjadi. Area lampu utama dan sein yang kembali terpisah.

Fiturnya pun bertambah dengan adanya keyless system. Di kelas 110 cc, All New Honda Scoopy jadi yang pertama memiliki fitur smart key ini. Fitur smart key system ini sebelumnya hanya terdapat di varian Honda PCX 150, ADV 150 dan Vario 150.

Bukan hanya itu, Honda Scoopy generasi kelima ini sudah dibekali sasis eSAF yang lebih ringan dan diklaim memaksimalkan handling.

Baca Juga : All New Honda Scoopy Sudah Meluncur Beserta Harganya

Generasi Kelima (2020)

All New Honda Scoopy menggunakan mesin dengan bore 47 mm dan stroke 63,1 mm. Konfigurasi sebelumnya adalah 50 x 55 mm untuk bore x stroke-nya.

Kompresinya juga naik dari versi lama yang hanya 9,5 : 1, menjadi 10,0 : 1 yang tetap masih aman untuk mengkonsumsi bensin dengan oktan 90. Sebagai catatan, mesin ini juga digunakan oleh Honda Genio dan All New Honda BeAT yang meluncur di awal tahun 2020 ini.

Hadir dengan 4 varian dan 8 pilihan warna, varian Sporty hadir dengan dua pilihan warna yaitu Sporty Red dan Sporty Black. Sedangkan varian Fashion hadir dengan warna Fashion Blue dan Fashion Cream dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp 19.950.000.