Jelang Mudik, Dishub Surabaya Lakukan Uji Coba Jalan Merr Gunung Anyar

Jelang Mudik, Dishub Surabaya Lakukan Uji Coba Jalan Merr Gunung Anyar Dishub Surabaya

KabarOto.com - Sudah memasuki pekan kedua bulan suci Ramadhan nih, tandanya semakin dekat dengan Hari Raya Idul Fitri. Sejak beberapa bulan lalu masyarakat Indonesia dipastikan sudah menyerbu tiket kereta api untuk keperluan mudik. Di mana transportasi ini menjadi pilihan pertama untuk mudik.

Namun, tidak sedikit pula masyarakat yang tetap memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik. Pasalnya menggunakan kendaraan pribadi tidak diburu-buru waktu serta fleksibel karena tidak ada jadwal keberangkatan yang pasti.

Baca Juga: Wah, Bisa Coba Istirahat Mudik Unik Pakai Roof Tent

Nah, beberapa waktu lalu Dinas Perhubungan Kota Surabaya melakukan uji coba pembukaan Jalan Gunung Anyar (Merr) yang menuju Sidoarjo pada 9 Mei kemarin. Jalan Merr Gunung Anyar ini bisa menjadi jalur alternatif bagi masyarakat, beroperasinya jalan Merr juga sangat ditunggu masyarakat Surabaya karena dapat mengurai kemacetan.

Dinas Perhubungan Kota Surabaya bersama jajaran Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, serta kepolisian kota surabaya melakukan uji coba jalan Merr Gunung Anyar. Uji coba dilakukan pada sisi timur sepanjang 1,8 km. Sehingga ketika digunakan untuk jalur mudik, kondisinya sudah memadai dan aman.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad menyampaikan, uji coba jalan yang direncanakan mulai pukul 07.00 WIB tersebut terkendala dengan kondisi pada bagian sisi selatan aspal yang mengalami penurunan. Sehingga Dinas PU Bina Marga dan Pematusan melakukan perbaikan selama beberapa jam.

"Kita buka pukul 12.00 WIB hari ini, nantinya yang jelas ada tiga lajur. Kali ini yang dibuka jalur sisi arah luar kota (Surabaya-Sidoarjo), untuk yang jalur sebaliknya, masih proses," ujar Irvan.

Baca Juga: Jelang Mudik, Pertamina Sediakan 112 Titik SPBU Di Tol Trans Jawa

Uji coba ini akan dilakukan minimal selama sepekan. Tujuannya, untuk mengetahui kendala atau kondisi jalan sebelum resmi dibuka. Dengan dilakukannya uji coba itu, pihaknya bisa segera melakukan evaluasi dan perbaikan.

Diharapkan nantinya Jalan Merr Gunung Anyar ini mampu menambah kapasitas jalan yang selama ini bertumpu di Jalan Ahmad Yani. Sehingga perjalanan mudik masyarakat yang akan melintasi Sidoarjo atau Surabaya diharapkan dapat lebih aman dan nyaman.

Ditambah Tol Trans Jawa yang membentang dari Jakarta hingga Surabaya sudah beroperasi menambah kenyamanan masyarakat. Karena perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi bisa lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya ketika belum ada Tol ini.