POPULAR STORIES

Jelang Reli Kroasia 2022, Performa Toyota GR Yaris Rally 1 Ditingkatkan

Jelang Reli Kroasia 2022, Performa Toyota GR Yaris Rally 1 Ditingkatkan Sumber Foto : WRC & pihak tim

KabarOto.com – Sebelum menghadapi Reli Kroasia 2022 pekan depan, pihak tim Toyota Gazoo Racing ingin meningkatkan performa dan ketahanan Toyota GR Yaris Rally1.

Toyota Memulai awal musim World Rally Championship (WRC) 2022 kurang baik, meski saat ini mereka memimpin klasemen sementara pereli dan konstruktor. Kalle Rovanpera tampil impresif pada dua seri awal di Monte Carlo Dan Swedia mampu meraih satu kemenangan.

Baca Juga : FIM Resmi Ubah Regulasi Rally1 WRC 2022

Sementara, Elfyn Evans belum mengumpulkan poin besar usai mengalami kecelakaan di Monte Carlo dan masalah di sistem hybrid di Swedia. Adapun Jari-Matti Latvala merasa masih ada kesempatan yang dapat ditingkatkan di Toyota GR Yaris Rally1, terutama dalam hal ketangguhan.

Toyota meraih kemenangan di Reli Swedia 2022

“Dua reli pertama musim ini dengan peraturan baru sangatlah intens. Dengan jeda ini memberi kami kesempatan menilai apa yang telah kami pelajari dan mencoba terus mengembangkan GR Yaris Rally1. Kami telah melakukan beberapa pengujian di Sardinia dan Kroasia. Sejauh ini, kami fokus pada keandalan dan pengoperasian sistem hybrid. Tetapi, sekarang kami dapat bekerja untuk mengoptimalkan pengaturan mobil untuk membuatnya lebih kuat,” ungkap Matti Latvala.

Toyota memiliki tren bagus di Kroasia musim lalu dengan mendapatkan posisi pertama dan kedua bersama Sebastian Ogier dan Elfyn Evans. Namun, kondisi aspal yang tidak merata menjadi tantangan tersendiri karena mobil bisa kehilangan daya cengkeram secara tiba-tiba.

“Tantangan besar di Kroasia adalah permukaan aspal yang sering berubah dalam satu etape, dengan tingkap grip yang sangat berbeda. Saya pikir itu mengejutkan banyak pembalap tahun lalu. Tetapi, dia tahu bahwa penting untuk mencetak poin,” lanjut Latvala.

Baca Juga : Penyelenggara WRC Pertimbangkan Dua Trek Salju Untuk 2024

Reli Monte Carlo 2022

Musim lalu, Kalle Rovanpera gagal menyelesaikan Reli Kroasia karena mengalami kecelakaan. Tahun ini, pereli asal Finlandia itu akan berusaha mendapatkan poin dan mempertahankan posisinya di puncak klasemen WRC 2022.

Kalle mengakui tidak sabar kembali ke mobil untuk ikuti Reli Kroasia dan biasanya selalu pertanda baik. "Kami baru lalui dua reli tetapi jadi menyenangkan memiliki beberapa poin bagus di awal musim. Kami berada dalam situasi yang sama seperti tahun lalu, memimpin kejuaraan ke Kroasia dan mudah-mudahan kami bisa berbuat lebih baik di sana kali ini,” ungkap Kalle Rovanpera.

Pekan depan, 21-24 April, WRC akan menuju Kroasia untuk menggelar seri ketiga musim ini dan akan menjadi trek aspal pertama musim 2022 ini.