Jenis-jenis Wiper Hadapi Musim Hujan

Jenis-jenis Wiper Hadapi Musim Hujan Deddy / KabarOto.com

KabarOto.com – Musim hujan datang, para pengendara mobil harus segera bersiap menghadapi cuaca hujan saat di jalan. Dalam kondisi hujan, komponen utama yang dibutuhkan adalah wiper mobil yang akan menyapu air hujan di kaca depan mobil, perangkat tersebut harus dalam kondisi prima agar visibilitas pengemudi terjaga.

Di pasaran, sudah banyak jenis wiper dijual dengan variasi model dan harga yang berbeda. Nah oleh karena itu, supaya Sobat KabarOto tidak bingung memilih wiper yang cocok, berikut beberapa jenis wiper di pasaran.

Wiper frame biasanya dipakai sebagai standar pabrikan.

Baca juga: Bikers Jangan Gegabah Terobos Hujan, Ini Tipsnya

“Untuk wiper biasanya kita jual ada tiga model, yakni ada frame, frameless, dan juga Hybrid,” ujar salah satu penjual di MGK Kemayoran.

Paling banyak digunakan oleh standar pabrikan adalah model frame. Wiper ini memiliki harga paling murah dibanding lainnya, “Paling murah disini yang model frame sesuai standar pabrikan, kualitasnya juga sudah cukup untuk pemakaian harian,” ujarnya.

Jenis frameless memiliki tampilan lebih dinamis, dan materialnya lentur.

Lalu ada frameless yang juga cukup populer sebagai pengganti wiper standar pabrik, apabila pemilik ingin tampilan lebih sporty dan dinamis, “Kalau frameless ini lebih lentur bahan bodi wipernya, karena tidak pakai besi. Terus modelnya lebih keren, ringkas gitu jika dibandingkan dengan model frame. Tapi harganya sedikit lebih mahal,” jelasnya.

Model yang juga banyak orang cari sekarang adalah Hybrid. Untuk Hybrid, perbedaannya wiper ini masih menggunakan frame, namun pada tampilan luarnya tertutup cover seperti frameless. Sehingga lebih eksklusif ketika terpasang di mobil.

Contoh wiper jenis Hybrid.

Baca juga: Tips Menyetel Lampu Mobil Sobat KabarOto dengan Mudah di Rumah

“Paling mahalnya model Hybrid, bedanya dia masih pakai masih pakai frame, tapi pada framenya itu tertutup cover lagi. Jadi tampilannya seperti frameless.” paparnya.

Dijelaskan juga, untuk sapuannya bersih atau tidak dan umur pakainya tergantung kualitas merek itu sendiri, bisa disesuaikan budget. Serta penyimpanan pun berpengaruh pada wiper, kalau sering terkena panas matahari langsung tentu akan cepat tidak bersih sapuannya.

Soal harga, mulai dari Rp 60ribu hingga Rp 200 ribuan per pasangnya. Masa pakai jika disimpan dengan baik umur pakai tahan sekitar 1 tahun, tapi jika sering terjemur sekitar hitungan bulan biasanya sapuan sudah kurang maksimal.