POPULAR STORIES

Jika Permintaan Pasar Stabil, Suzuki Ignis Bakal Diproduksi Di Indonesia

Jika Permintaan Pasar Stabil, Suzuki Ignis Bakal Diproduksi di Indonesia Suzuki Ignis

Kabaroto.com - Suzuki Ignis menjadi jagoan baru Suzuki di kelas city car Tanah Air. Kendaraan city car yang punya ciri khas desain ala crossover SUV ini diharapkan mampu merebut ‘kue’ city car Indonesia kelas 1.2 liter yang dikuasai Honda Brio, Mitsubishi Mirage dan Nissan March.

Suzuki Ignis memang baru resmi diluncurkan saat pagelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Tapi tak diduga-duga, sambutan masyarakat terhadap mobil ini ternyata sangat tinggi dan membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) semringah.

Meski begitu, SIS juga tampak masih hati-hati untuk menyikapi euphoria ini. Apalagi Suzuki Ignis hadir di Indonesia masih dalam bentuk boyongan utuh (completely build-up/CBU) dari India.

“Kami senang dengan animo masyarakat terhadap Suzuki Ignis. Hal ini membuat kami mulai berpikir untuk memproduksi sendiri Ignis di Indonesia dan tak lagi mengimpor dari India,” jelas 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Setiawan Surya, Jumat (5/5).

“Penjajakan ke arah sana sudah ada. Tapi kami harus melihat dulu kestabilan volume permintaan pasar beberapa bulan ke depan seperti apa,” tambahnya lagi.

Dikatakan, jika volume permintaan Ignis terbilang stabil dalam beberapa periode ke depan maka besar kemungkinan Suzuki Ignis akan diproduksi di Indonesia. Apalagi kapasitas pabrik Suzuki di Cikarang belum sepenuhnya terpakai.

“Masih tersisa kapasitas produksi untuk merakit Ignis di Cikarang. Sumber daya manusia kita juga bisa terserap untuk merakit mobil tersebut. Tapi kembali, kita harus lihat dulu seperti apa volume permintaan pasar terhadap Ignis dalam beberapa waktu ke depan sebelum membuat keputusan,” pungkas Setiawan.