POPULAR STORIES

JK: Pemerintah Selalu Mendukung Industri Otomotif Indonesia

JK: Pemerintah Selalu Mendukung Industri Otomotif Indonesia

KabarOto.com - Kemajuan industri mobil di Indonesia sudah sejak tahun 1970-an. Kini industri ini semakin berkembang, komponen lokal yang digunakan sudah mencapai 80%. Industri mobil sangat dinamis, menyediakan lapangan pekerjaan di pabrik dan industri pendukungnya juga tumbuh. Selain itu juga ekonomi Indonesia terus tumbuh dengan ekspor yang dilakukan produsen mobil ke berbagai negara di Indonesia.

"Oleh karena itu pemerintah selalu mendukung industri ini, untuk menjadi yang terbaik dengan menyediakan infarstruktur jalan dan logistiknya. Membutuhkan waktu memang untuk menjadikan industri ini lebih maju dengan teknologi yang modern," papar Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membuka GIIAS 2019, di ICE BSD, Tangerang (18/7).

JK menambahkan, kemajuan sebuah negara dilihat dari kemacetan di jalan raya, tanda-tanda suatu bangsa itu maju adanya macet, banyak masyarakat yang membeli mobil. "Tinggal bagaimana Kementerian Perhubungan mengatur pemakaian mobil," terang JK.

Baca juga: GIIAS 2019 Resmi Dibuka Oleh Wapres Jusuf Kalla

Dengan adanya Gaikindoo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, JK berharap akan membawa kemajuan industri otomotif Indonesia. Dan ia juga melihat antusiasme masyarakat terhadap pameran ini. "Pameran belum dibuka tapi sudah antri masyarakat untuk masuk ke dalam. Semoga GIIAS ini membawa pengaruh positif untuk industri otomotif Indonesia," paparnya.

Sementara itu, Kementerian Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Industri otomotif salah satu 8 terbesar yang mendukung industri 4.0. Pemerintah menurut Airlangga berkomitmen membangun industri otomotif, salah satunya investasi produsen otomotif sebesar Rp 50 triliun untuk beberapa bulan kedepan.

"Ada juga electric base vehicle sebesar $ 2 miliar, dan industri berbasis baterai, karena Indonesia punya bahan baku dan tinggal mengembanhkan," terang Airlangga. (BIMO)