POPULAR STORIES

Jok Kia Seltos Bisa Jadi Tren Mobil Keluaran Baru Lainnya?

Jok Kia Seltos Bisa Jadi Tren Mobil Keluaran Baru Lainnya? Foto: Kipli/KO/Edo

KabarOto.com - PT Kreta Indo Artha (KIA) meluncurkan All New KIA Seltos dengan tiga varian untuk pasar Indonesia. Mobil bertipe SUV ini dibanderol dengan harga Rp 295 juta untuk varian E, Rp 320 juta varian EX, dan Rp 355 juta untuk varian tertinggi EX+. Harga tersebut on the road (OTR) Jakarta.

Ada salah satu hal yang cukup terlihat menarik di bagian interiornya, yakni di bagian jok. Seltos menampilkan jok yang terlihat lebih modis, karena modelnya yang tidak monoton seperti mobil baru kebanyakan. Motif segi enam atau biasa disebut hexagon hampir diterapkan pada seluruh bagian kulit pelapis jok mobil asal Korea ini.

Jok bermotif ini jadi salah satu angin segar di industri mobil baru tanah air. Walaupun sebenarnya, jok bermotif memang sudah tren di kurang lebih satu tahun kebelakang melalui tangan terampil para seatmaker Indonesia.

Nah, untuk pembuatan motif tersebut, para seatmaker menggunakan lembaran synthetic leather yang dipola menggunakan komputer. Selanjutnya lapisan synthetic leather dilapisi busa dan dijahit menggunakan mesin dengan mengikuti pola yang sudah dibuat.

Baca Juga: Kia Ajak Calon Konsumen Jajal Performa Seltos Di PIK

Uniknya, kini KIA menerapkan motif pada jok Seltos. Mungkin hal ini bisa menjadi tren bagi mobil keluaran terbaru selanjutnya. Tidak menutup kemungkinan hal ini juga dilakukan oleh pabrikan lain.

Arief Ie Ie InCar dari Surabaya membuat pola dengan software desain di komputer

Pola jahitan yang biasanya digunakan untuk jok mobil cukup beragam, seperti model garis-garis, sofa, kerut, diamond, octagon, hexagon dan lainnya.

Contoh jok yang sudah menggunakan pola tersebut adalah salah satu peserta Driving With Style Awards (DWSA) 2019. Juara ketiga dari kontes DWSA 2019, Arief Ie Ie InCar dari Surabaya membuat pola dengan software desain di komputer, lalu desain tersebut dimasukan kedalam software mesin khusus yakni CNC (Computer numerical control) yang merupakan mesin untuk menjahit pola secara otomatis.

Selain jahitan menjadi lebih rapi dan presisi, dengan bantuan mesin CNC dapat mempercepat waktu pengerjaan. Arief menggunakan kombinasi bahan MBtech Giorgio Black dan MBtech Camaro Fiesta Pop Green.