Jokowi Hadiri Pelepasan Ke 1,5 Juta Ekspor Yamaha

Jokowi Hadiri Pelepasan ke 1,5 Juta Ekspor Yamaha Presiden Jokowi beserta Menteri Kabinet Kerja menghadiri acara pelepasan ke 1,5 Juta Ekspor Motor yang dilakukan PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg.

KabarOto.com - Presiden Jokowi beserta Menteri Kabinet Kerja menghadiri acara pelepasan ke 1,5 Juta Ekspor Motor yang dilakukan PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) di Pabrik Global YIMM, Pulo Gadung Jakarta Timur (3/12/2018)

PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) melepas 1,5 Juta Ekspor Motor. Acara ini diadakan untuk merayakan pencapaian ekspor sepeda motor Yamaha yang telah mencatatkan lebih dari 1,5 juta unit. Acara ini berlangsung pada Senin, 3 Desember 2018 di Pabrik Global YIMM, Pulo Gadung Jakarta Timur.

Baca Juga: Recall R25 Dan MT25 Karena Masalah Komponen, Ini Tanggapan Yamaha

Dalam sambutannya, Jokowi menyambut baik ekspor yang dilakukan Yamaha, menurutnya ini bisa membantu Indonesia keluar dari defisit neraca perdagangan. Karena menurutnya Indonesia memiliki masalah yang belum juga teratasi selama bertahun-tahun, diantaranya impor lebih besar dari ekspor.

Yamaha YZF-R25 salah satu model yang di ekspor ke 45 negara.

"Saya senang bisa hadir di sini, tahun 2014 produksi untuk ekspor Yamaha saat itu 23 ribu motor, sekarang sudah mencapai 338 ribu motor. Jumlah ini sangat besar," terang Jokowi.

Produksi motor Yamaha menurut Jokowi, juga sudah memiliki TKDN (tingkat komponen dalam negeri) sebesar 94 persen, cukup tinggi yang akan memberi nilai tambah bagi Indonesia.

Yamaha sendiri sudah melakukan ekspor ke 45 negara di 5 benua seperti Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Perancis, dan negara-negara di Asia, Afrika serta Australia. Sepeda motor yang diekspor diantaranya XMAX, NMAX, LEXI, AEROX, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, MX-King dan beberapa model lain.