POPULAR STORIES

Julian Johan Kibarkan Merah Putih Di Rally Malaysia

Julian Johan Kibarkan Merah Putih di Rally Malaysia Rally of Perlis merupakan salah satu rally paling 'High Speed' yang ada di Malaysia (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Putaran ke 2 Malaysian Rally Championship 2018 (MRC) yang bertajuk Rally of Perlis 2018, kembali diikuti oleh pasangan Julian Johan & Recky Resanto, yang bernaung di bawah tim One Motorsports GT Radial Evalube Helios. Kejuaraan ini digelar di negara bagian Perlis pada tanggal 20 - 21 Oktober 2018 lalu, dan diikuti oleh 31 peserta dari 4 negara di Asia.

Ada yang berbeda pada putaran ini, dimana pembalap yang akrab disapa Jeje itu tidak menggunakan Proton Satria Neo seperti putaran sebelumnya. "Kali ini strategi tim memutuskan saya untuk menggunakan Proton Satria generasi pertama, bertukar mobil dengan rekan tim lainnya," ucap Recky.

Hal tersebut dilakukan atas dasar karakter mobil yang lebih sesuai dengan trek, dan Jeje ditunjuk oleh tim sebagai salah satu pengumpul poin kejuaraan tim, pada Rally of Perlis 2018 ini.

Rally of Perlis merupakan salah satu rally paling 'High Speed' yang ada di Malaysia. Dengan geografis perkebunan tebu dan lintasan SS yang mampu digeber hingga di atas 180km/jam.

"Ini menjadi pengalaman baru bagi saya, cukup menegangkan memacu mobil hingga spidometer di ujung dan di atas permukaan jalan yang minim traksi" ujar Jeje.

Rally kali ini menyuguhkan 9 SS, dengan total jarak di atas 300 km. Pada Leg 1 (Sabtu), dari 3 SS yang dijalani, Jeje & Recky berhasil berada di posisi ke 2 kelas P10 (1600cc Max). Diapit oleh perally Jepang Takeshi Azuma di posisi 1, dan Masafumi Sudou di posisi 3.

Baca Juga: Debut Manis Julian Johan Di Ajang Rally Internasional

Masuk ke Leg 2 (Minggu), Jeje sempat mengalami 'Overshoot' di SS 4, sehingga mobil keluar lintasan dan tersangkut di tengah ladang.

"Memang saya terlalu kencang di salah satu tikungan. Dan begitu nyangkut, saya sempat pesimis bahwa perolehan hasil podium akan lepas," ujarnya,

Lebih jauh Jeje pun mengakui "Tapi kami langsung mencoba memasang tali strap di belakang mobil. Beruntunglah salah satu rekan tim kami dengan sigap menarik keluar, sehingga kami langsung kembali menyelesaikan SS4." imbuh Jeje.

Pada 5 SS yang tersisa, akhirnya Jeje & Recky memustuskan untuk tetap bermain semaksimal mungkin. Walaupun waktu merosot lebih dari 15 menit, keduanya mencoba untuk memperbaiki waktu di SS 5 hingga SS 9. Di akhir kejuaraan pun, Julian Johan & Recky berhasil mengumpulkan 1 jam 58 menit 38,559 detik.

Hasil tersebut tanpa disangka mampu memposisikan mereka menjadi Juara ke 2 di kelas P10. Di bawah Abdul Kaathir di posisi 1, dan Masafumi Sudou di posisi 3.

Baca Juga: Honda Brio Rally Karya Julian Johan Rajai "Honda Brio Virtual Modification"