POPULAR STORIES

Jumlah Kendaraan Pemudik Lebaran Tahun 2023 Diprediksi Akan Meningkat

Jumlah Kendaraan Pemudik Lebaran Tahun 2023 Diprediksi akan Meningkat Contra Flow saat arus mudik lebaran (Foto: NTMC)

KabarOto.com - Jumlah kendaraan menuju kampung halaman Lebaran tahun 2023 ini diprediksi akan meningkat. Jumlahnya mencapai 27,32 orang atau 22,07%, dari total prediksi pergerakan yang mencapai 123,8 juta orang.

Mengantisipasi lonjakan mobil pribadi, khususnya di Jalan Tol Jakarta arah Cikampek, Cipali, sampai Semarang, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menggelar rapat koordinasi bersama Jasa Marga.

Baca Juga: Korlantas Polri Ingatkan Pemudik Tak Mudik Dengan Sepeda Motor

"Persiapan kita lakukan sejak dini, sehingga kita bisa lebih siap dan masih punya waktu untuk memperbaiki kekurangan yang masih ada," ujar Budi melalui keterangan resminya, Minggu (19/03/2023).

Situasi arus mudik di gerbang tol Cikampek Utama (Foto: Jasa Marga)

Jasa Marga memperkirakan, jumlah kendaraan yang akan melintas di 4 gerbang tol, seperti Ciawi, Cikupa, Cikampek Utama, dan Kalihurip Utama bakal mengalami peningkatan di banding Lebaran 2022.

Jumlah yang keluar saat periode mudik Lebaran tahun ini diprediksi mencapai 2,2 juta kendaraan, atau naik hingga 2,8 persen. Yang masuk ke Jabodetabek diperkirakan mencapai 2,3 juta kendaraan, atau naik 1,4 persen dari tahun lalu.

Melihat prediksi tersebut, Budi Karya menjelaskan, akan melakukan koordinasi intensif dengan Korlantas Polri, KemenPUPR, Badan Pengelolaan Jalan Tol, Jasa Marga, serta unsur terkait lainnya. Nantinya akan persiapkan manajemen rekayasa lalu lintas, seperti contra flow, one way, pembatasan angkutan barang, dan lain sebagainya.

"Kami bekerja kompak sebagai tim dan tengah menyiapkan berbagai hal, termasuk Surat Keputusan Bersama (SKB), untuk menentukan waktu pelaksanaan rekayasa lalu lintas, penerapan di lapangan akan dilakukan oleh Korlantas Polri," ujar Budi.

Baca Juga: Sambut Bulan Ramadan, Hyundai Gelar Promo Dan Program Mudik Bareng Stargazer

Akan ada penambahan dan peningkatan fasilitas prasarana jalan, seperti perbaikan dan pelebaran, penambahan rest area, marka jalan, serta lainnya, menjadi upaya-upaya, terus dilakukan untuk menyambut arus mudik tahun ini.