POPULAR STORIES

Kakorlantas Tinjau Kesiapan Jalur Alternatif Mudik Pantai Selatan

Kakorlantas Tinjau Kesiapan Jalur Alternatif Mudik Pantai Selatan Jalur Selatan menjadi pilihan lain selain Pantura saat mudik Lebaran (Foto: Antara)

KabarOto.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi meninjau kesiapan sejumlah jalur alternatif yang akan digunakan pada mudik Lebaran 2023. Salah satunya adalah jalur mudik di Pantai Selatan (Pansela) dalam rangka persiapan Operasi Ketupat 2023.

“Kami ingin mengumpulkan informasi semaksimal mungkin jalur Pansela ini, sampai dengan nanti hari pelaksanaan arus mudik Lebaran 2023," ujar Irjen Firman Shantyabudi dalam keterangannya, Jumat (20/1).

Baca Juga : Musim Hujan Perhatikan Cairan Rem Terkontaminasi Air

Kakorlantas melakukan peninjauan bersama Dirjen Hubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, dan Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga Akhmad Cahyadi.

Jalur Pansela yang dilapis aspal mulus (PUPR)

Peninjauan sengaja dilakukan untuk memastikan jalur yang akan dilewati oleh calon pemudik sudah cukup aman untuk digunakan. Tak hanya itu, hal-hal yang berpotensi menjadi gangguan kelancaran proses mudik juga dilakukan identifikasi.

Menurut Kakorlantas, jalur Pansela secara fisik sudah sangat baik dan dapat menjadi salah satu alternatif jalur mudik.

Baca Juga : Cuaca Buruk Waspada Aquaplaning

Masyarakat bisa memanfaatkan jalur itu saat mudik dengan satu penyebaran, pemanfaatan jalan yang sangat baik antara jalur tol dan non tol.

"Jadi, tidak akan berdesakan, semoga mudik tahun lalu yang sudah berjalan dengan baik bisa diulangi di tahun ini," harap Kakorlantas.