POPULAR STORIES

Kaliper Rem Bermasalah, Royal Enfield Himalayan Recall Di Amerika Serikat

Kaliper Rem Bermasalah, Royal Enfield Himalayan Recall di Amerika Serikat Royal Enfield Himalayan (foto : Royal Enfield)

KabarOto.com – Royal Enfield baru-baru ini mengeluarkan peringatan recall ‘penarikan unit’ untuk model Himalayan di Amerika Serikat, karena dapat kehilangan fungsi rem akibat korosi kaliper.

Pada 27 Febuari 2023 lalu, Pihak pabrikan memberi laporan kepada US National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), bahwa terdapat 4.891 unit Royal Enfield Himalayan. Menurut data, motor yang mengalami masalah ini yang diproduksi mulai dari 1 Maret 2017 hingga 28 Febuari 2021.

Baca juga: Suzuki Hayabusa Produksi 2021 Dan 2022 Ditarik Kembali Karena Masalah Ini

Dari hasil penyelidikan, terungkap garam yang digunakan untuk merawat jalan saat musim dingin di Amerika Serikat. Akibat garam tersebut dapat menimbulkan korosi pada kaliper rem sehingga dapat mengurangi hingga menghilangkan kinerja rem secara total.

Pihak Brembo sebagai pemasok kaliper rem bersama dengan pemasok komponen sistem ABS yaitu Bosch, akan membantu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Baca juga: Terus Tumbuh, Royal Enfield Dukung Lady Bikers Di Hari Perempuan Internasional

Perusahaan juga mengatakan bahwa masalah tersebut dapat dikenali, dengan bunyi bising yang tidak biasa saat melakukan pengereman.

Ini juga dapat menyebabkan bau terbakar di dekat kaliper. Konsumen juga akan kesulitan mendorong Himalayan saat kondisi mesin mati, dan ada yang seperti menahan laju motor saat pengendara melakukan akselerasi.