POPULAR STORIES

Kampus Ini Harumkan Nama Indonesia Di Ajang Lomba Shell Eco Marathon 2023

Kampus Ini Harumkan Nama Indonesia di Ajang Lomba Shell Eco Marathon 2023 Kampus Ini Harumkan Nama Indonesia di Ajang Lomba Shell Eco Marathon 2023 (Shell)

KabarOto.com - Tim pelajar dari Indonesia memenangkan hadiah tertinggi di subkategori hidrogen, pada kompetisi Urban Concept di Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 untuk pertama kalinya.

Pelajar Indonesia mengalahkan tim Singapura yang telah bertanding di ajang sebelumnya. Tim Semar Urban UGM dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia, berhasil mencapai jarak tempuh terbaik di 276,4 kilometer per kubik meter (km/m3), mengalahkan juara sebelumnya, TP Eco Flash dari Temasek Politeknik, Singapura, yang menduduki peringkat ketiga di tahun ini.

Baca Juga: Thailand Jadi Pemenang Kelas Prototype Di Shell Eco Marathon Mandalika 2023

Tim Hyd12ogen dari Universitas Teknologi Nanyang, Singapura, menempati peringkat kedua di kategori yang sama. Tim pelajar Indonesia meraih tiga tempat tertinggi di subkategori kompetisi Urban Concept lainnya: internal combustion engine dan baterai elektrik.

Eblin Alle Azarya, manajer tim Semar Urban UGM dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia, mengatakan, “Ini sangat mengejutkan bagi kami karena ini adalah kali pertama kami berlaga di subkategori hidrogen."

Baca Juga: Shell Eco-Marathon 2023 Mandalika Jadikan Indonesia Tuan Rumah Dan Peserta Terbanyak

Ia bilang, hasil di babak ini menjadi suatu kebanggan serta menambah rasa percaya diri untuk menjalani babak Regional Championship. Tim Semar Urban UGM akan bertanding dengan tiga tim terbaik dari setiap kategori Urban Concept selama Regional Championship pada hari Minggu, untuk kesempatan lolos ke global World Championship tahun ini.