Kapan Saat Yang Tepat Ganti Mobil Baru? Ini Penjelasannya

Kapan Saat yang Tepat Ganti Mobil Baru? Ini Penjelasannya

KabarOto.com - Membeli kendaraan roda 4 bisa jadi pertimbangan yang sulit bagi sebagian orang. Banyak faktor yang mempengaruhi dalam hal pengambilan keputusan. Seperti menukar mobil lama dengan yang baru.

Aulia Akbar selaku Financial Educator dan Periset asuransi Lifepal ingin berbagi tips dengan Sobat KabarOto tentang faktor-faktor pengambilan keputusan untuk mengganti mobil lama dengan yang baru.

Jika saat ini Sobat KabarOto memiliki mobil sedan, hatchback, atau city car, maka mengganti mobil ke minibus atau SUV dengan ground clearance lebih tinggi adalah pilihan bijak ketika pindah ke zona rawan banjir. Memakai mobil dengan ground clearance pendek di wilayah tersebut justru akan menimbulkan masalah di musim hujan karena biaya reparasi juga harus diperhitungkan.

Mobil lima penumpang mungkin masih nyaman digunakan untuk keluarga muda, atau keluarga kecil dengan satu orang anak. Namun, lain halnya jika momongan Anda banyak. Mobil akan terasa sempit dan tidak lagi nyaman dipakai bepergian sekeluarga. Mengganti mobil tujuh penumpang tentu menjadi pilihan bijak.

Semakin tua usia mobil, maka semakin banyak pula suku cadang yang harus diganti karena kondisi mobil Sobat KabarOto pun tidak lagi sama seperti saat masih baru.

Hal yang kerap terjadi, suku cadang dari mobil yang kita miliki menjadi semakin sulit dicari di pasaran. Kondisi mesin yang sudah tak prima pun membuat kita harus bolak-balik bengkel, yang akhirnya menguras tabungan kita sendiri. Ada baiknya untuk mempertimbangkan diri mengganti mobil baru.

Baca Juga: Hanya Foto Kerusakan Mobil Bisa Langsung Klaim Asuransi

Jika mengganti mobil baru akan berdampak menghabiskan seluruh tabungan dan dana darurat Anda, maka urungkanlah niat tersebut, carilah alternatif mobil yang yang lebih murah. Atau kumpulkanlah dana terlebih dulu sebelum membeli dan tukar tambah atau trade-in.

Sah-sah saja membeli mobil dengan spesifikasi lebih tinggi dari yang Anda miliki saat ini. Asalkan penghasilan Anda juga sudah bertambah dengan cukup signifikan.

Besaran pajak tahunan juga tidak boleh luput dari perhatian Anda. Pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu pengeluaran yang bersifat wajib dibayarkan. Ketika pajak mobil baru Anda terlampau tinggi, maka pengeluaran pasif Anda pertahun juga akan semakin tinggi.

Ada beberapa komponen yang harus Anda ketahui yang berkaitan dengan besaran premi asuransi mobil. Pertama adalah wilayah (domisili mobil Anda), kedua adalah kategori harga mobil, dan yang terakhir adalah jenis asuransi yang dipilih yaitu All Risk (comprehensive) atau Total Loss Only (TLO).

Asuransi TLO tentu lebih terjangkau ketimbang all risk, namun perlindungan yang diberikan oleh asuransi TLO hanya perlindungan saat mobil hilang atau mengalami kerusakan sebesar 75% dari harga mobil.