POPULAR STORIES

Kawasaki Hyse, Motor Purwarupa Berbahan Bakar Hidrogen

Kawasaki Hyse, Motor Purwarupa Berbahan Bakar Hidrogen Kawasaki Hyse (foto : Kawasaki Global)

KabarOto.com – Kawasaki mengambil langkah berbeda untuk produk berbahan bakar alternatif masa depan. Selain mengembangkan motor listrik, mereka juga mengembangkan motor berbahan bakar hidrogen.

Sebelumnya, pabrikan tim hijau ini menghadirkan line-up motor purwarupa di ajang EICMA 2022. Pada ajang tersebut, Kawasaki hadir menggusung tema "Go with Green Power" dengan 3 produk purwarupa untuk mengurangi emisi karbon yang semakin tinggi.

Baca juga: Kawasaki Eliminator 400 Meluncur Di Jepang

Logo khusus untuk Kawasaki Hyse

Salah satunya, yaitu motor purwarupa berbahan bakar hidrogen yang disebut sebagai Kawasaki Hyse. Merupakan proyek terbaru dengan basis mesin 4 silinder DOHC namun berbahan bakar hidrogen. Kawasaki Hyse ini memiliki logo baru yaitu tetesan air di atas 2 roda motor.

Logo air mewakili emisi utama dari mesin berbahan bakar hidrogen. Ketika hidrogen ‘dibakar’ akan berubah menjadi air. Secara teknis, mesin hidrogen supercharged Kawasaki menjadi kandidat ideal untuk konversi ke tenaga hidrogen.

Baca juga: Kawasaki Pamerkan Line-up Motor Listrik Di EICMA 2022

Tabung bahan bakar hidrogen diletakan di side box motor

Perubahan besar yang diperlukan untuk mengakomodasi hidrogen sebagai bahan bakar adalah penggunaan injeksi langsung. Dengan menambahkan hidrogen ke dalam silinder sebelah katup masuk tertutup.

Lalu, untuk tabung bahan bakar hidrogen ini diletakan pada side box motor dengan total 10 tabung. Masing-masing side box akan berisi lima tabung di kiri dan kanan. Meskipun terlihat seperti motor touring, nyatanya motor ini memiliki bagasi yang lebih kecil karena telah digunakan untuk tempat penyimpanan tabung hidrogen.