POPULAR STORIES

Kebangkitan SUV Mematikan Sedan Di Amerika

Kebangkitan SUV Mematikan Sedan di Amerika Kebangkitan SUV Mematikan Sedan di Amerika (Andrea Chronopoulos/Bloomberg)

KabarOto.com - Meningkatnya penjualan mobil jenis SUV, truck Pick up membuat pabrikan otomotif berlomba-lomba mengubah jalur produksi secara perlahan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

Seperti yang dilakukan oleh CEO Ferrari, Sergio Marchionne yang telah mulai menyingkirkan model Dodge Dart dan Chrysler 200 guna mengarahkan Fiat Chrysler Automobile pada produksi SUV, Jeep dan truk pickup. Ini cukup meningkatkan pendapatan yang signifikan, Kebijakan ini pun diikuti oleh CEO lain. Mereka berani menarik sedan unggulannya di ajang Detroit Auto Show seperti Ford Fusion dan Chevrolet Impala.

"Industri ini menganggap Sergio sebagai orang gila saat dia melakukan itu, dan sekarang dia terlihat seperti seorang jenius," kata Jeff Schuster, Analis LMC Automotive dikutip Bloomberg, Kamis (18/1/2018).

Menurut Jeff, Marchionne telah membuka jalan untuk semua orang, dan pada ajang ini hampir semua mobil sedang dalam peninjauan kembali oleh pabrikan.

Model Sedan yang saat ini ada di Detroit Auto Show mungkin akan hilang atau sekarat pada ajang yang sama tahun depan.

(Baca Juga: BMW Generasi Kedua X4 Bakal Hadir Tahun Ini)

Dengan adanya janji dari Presiden Donald Trump untuk mengendurkan peraturan ekonomi bahan bakar bisa menjadi momentum pada melonjaknya penjualan SUV dan truk sehingga membuat General Motor Co dan Ford Motor Co mematikan produksi dari beberapa mobil penumpangnya.

2019 Ram 1500 Laramie pickup truck (Daniel Acker/Bloomberg)

Ford saat ini sudah memindahkan produksi kompak Focus-nya dari Michigan ke Cina dan sedang melakukan euthanasia (mengurangi secara perlahan) terhadap Ford Fusion. Hal ini mengakibatkan penghentian pembuatan Fusion di Meksiko. Seperti yang diperdebatkan CEO Jim Hackett dengan para petinggi lainnya di Ford bahwa apakah varian sedan layak dipertahankan?

Saat ini GM sedang meninjau takdir untuk mobil Buick, Chevy dan Cadillac yang semakin tidak relevan, sambil meningkatkan penjualan SUV dan memperkenalkan varian pickup terbaru pada ajang pameran di Detroit. Namun pekerjaan Fiat belum selesai, model Chrysler 300 yang populer juga mulai terlihat rentan.

Ketika ditanya tentang Chrysler 300, Marchionne mengatakan bahwa model tersebut memiliki jumlah produksi yang sangat kecil, sedangkan Dodge saat ini turun ke jajaran mobil berotot Charger dan Challenger.

(Baca Juga : Ferrari Siap Buat Supercar Listrik dan SUV)

Analis dari IHS MarkitMobil, Stephanie Brinley memprediksi model sedan besar seperti Ford Taurus dan pesaingnya tidak akan bertahan lama. Chevrolet Malibu dan Ford Fusion juga kurang diminati, karena konsumen saat ini membutuhkan lebih banyak ruang dan hanya akan membeli model SUV.

" Dalam beberapa tahun lagi, Anda tidak akan melihat mobil-mobil ini dikembangkan untuk generasi berikutnya. Kemungkinan besar dalam delapan tahun ke depan segmen pasar untuk model ini hilang atau tidak ada," kata Brinley.

Berita Terkait

Berita Terkait