POPULAR STORIES

Keinginan VW Untuk Jual Ducati Dapat Pertentangan Keras

Keinginan VW untuk Jual Ducati Dapat Pertentangan Keras

Kabaroto.com - Rencana penjualan Ducati oleh Volkswagen mendapatkan pertentangan keras dari dewan pengawas mereka. Alasannya, mereka menilai penjualan Ducati masih amat baik.

Seperti dilansir Carscoops, Senin (7/8/2017, setidaknya ada lima perusahaan otomotif yang mengajukan tawaran untuk membeli Ducati dari Volkswage Group. Penawaran terbesar datang dari Keluarga Benetton dari Italia. Mereka mengajukan tawaran sebesar 1,2 miliar euro (Ro 1,6 triliun).

Baca Juga:


Namun, rencana tersebut mendapatkan pertentangan dari para pimpinan serikat pekerja VW, yang memegang setengah dari pengaruh di dewan pengawas.

"Perwakilan karyawan di dewan pengawas Volkswagen tidak akan menyetujui penjualan Ducati, tidak juga Renk (perusahaan transmisi) serta MAN Diesel dan Turbo (truk)," ungkap juru bicara dewan pengawas VW.

"Siapa saja yang bisa membaca performa keuangan VW di semester pertama harus tahu, kami tidak butuh uang dan cabang-cabang kami tidak untuk diperebutkan oleh para pemburu barang murah," sang juru bicara menambahkan.

Alasan dewan pengawas VW untuk tak melepas Ducati sebenarnya cukup masuk akal. Pasalnya, laba operasional VW selama periode Januari-Juni 2017 naik 19 persen dengan keuntungan sebesar 8,9 miliar euro.

Kenaikan tersebut dipengaruhi pemotongan biaya serta efisiensi di sektor penelitian dan pengembangan. Kebijakan pemotongan biaya ini sejalan dengan upaya VW melakukan penghematan dalam rangka menutupi biaya denda dan kompensasi yang harus dibayarkan terkait skandal emisi mesin diesel.

Sebenarnya, Ducati dimiliki secara bersama oleh VW dan Audi. Namun, Audi hingga kini masih bungkam terkait rencana VW untuk melepas perusahaan otomotif asal Italia itu.