POPULAR STORIES

Kejar Subsidi Mobil Listrik, Toyota BZ4X Bakal Diproduksi Lokal?

Kejar Subsidi Mobil Listrik, Toyota bZ4X Bakal Diproduksi Lokal? Kipli

KabarOto.com - Pemerintah Indonesia memiliki wacana tentang subsidi mobil listrik di Tanah Air, tentunya hal ini disambut baik oleh para Agen Pemegang Merek (APM) yang sudah punya 'senjata' mobil listrik mereka.

Wacana mengatakan, mobil listrik akan mendapatkan subsidi sebesar Rp 80 juta, dan mobil hybrid akan mendapatkan subsidi sebesar Rp 40 juta.

Hal tersebut tentunya setelah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai angka tertentu yang telah ditetapkan regulasi Pemerintah RI.

Baca Juga: Ini Komentar Toyota Soal Subsidi Mobil Listrik Dan Hybrid

Terkait hal tersebut, Toyota Astra Motor pun angkat bicara tentang produksi lokal dari bZ4X.

“Memang BEV termasuk bZ4X dan Lexus kan kita masih impor, tapi sesuai dangan arahan dari pemerintah, kita juga pasti selalu meminta kepada prinsipal untuk mepertimbangkan kedepannya buatan Indonesia," ujar Anton Jimmy Suwandy selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Ditanya lebih lanjut, pihaknya mengatakan masih dalam tahap diskusi dan belum dapat bisa diumumkan. "Tapi kalau permintaan (produksi lokal) itu tetap ada, jalan terus prosesnya," sambung Anton.

Baca Juga: Jokowi Janji Sampaikan Keputusan Final Subsidi Kendaraan Listrik

Ia mengatakan, persiapan produksi lokal membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar, pihaknya berharap diberikan jeda waktu yang cukup untuk mendapatkan produksi lokal.

“Kita enggak bisa berspekulasi ya waktunya kapan, yang pasti subsidi tadi menjadi pembelajaran bersama bagaimana situasinya di Indonesia," tutupnya.