Kelas Jip Diperlombakan Dalam Kejurnas Sprint Rally 2018

Kelas Jip Diperlombakan dalam Kejurnas Sprint Rally 2018 (Foto: Fastnlow.net)

KabarOto.com - Selain kelas sedan 4WD (M), sedan berpenggerak roda (F) dan sedan berpenggerak roda belakang(R), Kejurnas Sprint Rally 2018 juga akan memperlombakan kelas Jip untuk bisa memperebutkan juara nasional. Kelas Jip akan dibagi menjadi dua, yaitu J1 (0 – 1600 cc) dan J2 (1601 – 5000 cc). Kelas J2 juga sudah termasuk kelas untuk kendaraan berjenis UTV.

“Di tahun ini, kami memberikan perhatian pada kelas Jip di ajang Kejurnas Sprint Rally, karena IMI menilai bahwa kelas Jip banyak peminatnya. Kendaraan ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia jadi selain dapat dipakai oleh driver-driver nasional kelas ini akan sangat baik untuk awal hero-hero lokal memulai debutnya di ajang rally,” jelas Rifat Sungkar Direktur Rally dan Sprint Rally IMI Pusat.

Baca Juga: IMI Buat Peraturan Baru Rally untuk Kelas Jip

Beberapa perubahan teknis di beberapa kelas seperti update kelas M1 dan M2 dengan gearbox bebas dan restrictor turbo yang lebih besar serta kelas F1 yang berubah kapasitasnya mencapai maximal 1400cc dapat dilihat pada website resmi IMI pada minggu ketiga bulan Januari.

Sementara untuk regulasi kelas M2 kurang lebih sama dengan M1, namun kelas M2 untuk mobil sedan yang tidak menggunakan active center differential atau mobil yang tahun produksinya lebih tua dari M1. Mobil di kelas M2 bebas melakukan engine swap dan untuk mobil turbo restrictor-nya adalah 36 mm. Sedangkan untuk mobil non turbo maksimal menggunakan 6 silinder dengan kapasitas 4000 cc.