Kemana Mobil F1 Setelah Berganti Musim? Ini Jawabannya

Kemana Mobil F1 Setelah Berganti Musim? Ini Jawabannya Dok : Mercedes Press

KabarOto.com – Formula 1 terus berkembang setiap musimnya, berbagai pengembangan pun terus dilakukan untuk mencapai performa maksimal. Tidak hanya dari mesin, melainkan bodi pun bisa berbeda total setiap beberapa tahun.

Pertanyaannya, kemana mobil F1 lama yang sudah digantikan regulasi baru. Apakah dihancurkan atau digudangkan begitu saja? Begini penjelasan singkatnya.

Mayoritas setiap mobil F1 yang sudah digantikan akan ditempatkan di museum setiap tim sebagai nilai sejarah, apalagi jika mobil itu membawa kemenangan.

Baca juga: Max Verstappen Gunakan Helm Penghormatan Ke Ayah Di F1 Belanda 2022

Selain dipajang, akan digunakan sebagai objek edukasi. Seperti dilakukan Sauber yang membelah dua mobilnya, agar bisa dilihat bagaimana kondisi tempat duduk pembalap F1, lalu melihat komponen mesin dan sebagainya.

Ada juga yang mobilnya diberikan kepada pembalap sebagai hadiah. Misalnya seperti Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) dengan mobil spesifikasi 2019, namun ia sumbangkan mobil itu untuk dipajang di museum di Monako negaranya. Contoh lain seperti Sean Gelael, ia mendapat mobil dari tim Torro Rosso.

Tidak hanya itu, biasanya pihak sponsor juga menggunakan mobil F1 sebagai kebutuhan pertunjukkan. Nantinya mobil akan direstorasi ulang terlebih dulu, agar kondisi prima saat ditampilkan. Contoh paling anyar adalah mobil Red Bull Racing di GIIAS 2022 dengan livery khusus putih, sebagai perpisahan Honda bersama F1.

Baca juga: Red Bull Racing Dan Porsche Alot, Honda Kembali Atau Lanjutkan Red Bull Powertrains?

Lalu ada juga disimpan untuk demonstrasi seperti yang sering dilakukan oleh Red Bull Racing. Menjalankan mobil di jalan raya dan melakukan aksi-aksi keren.

Serta opsi terakhir adalah mobilnya dijual, biasanya mobil tersebut akan dilelang dengan harga fantastis, dan dijual dengan atau tanpa mesin. Mengingat mesin F1 bersifat tidak legal penggunaannya di jalan raya.