POPULAR STORIES

Kemenangan Lewis Hamilton Sirna, Hukuman Penalti Jadi Penyebab

Kemenangan Lewis Hamilton Sirna, Hukuman Penalti jadi Penyebab Sumber: Formula1.com

KabarOto.com - Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) unggul 16 detik dari Carlos Sainz (McLaren), tampaknya melaju untuk meraih kemenangan keenam di GP Monza. Kesempatan itu tampak ketika safety car dipanggil pada lap 20, untuk memberikan kesempatan para marshal memindahkan mobil Kevin Magnussen (Haas) yang alami kecelakaan.

Karena tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengganti ban, juara enam kali itu menjawab panggilan tim dan masuk ke pit. Masalah adalah, para pimpinan lomba telah mengumumkan bahwa pit lane ditutup, untuk memungkinkan akses yang aman bagi para marsekal memindahkan mobil tim Haas.

Dari tayangan ulang menunjukkan Hamilton telah melewati dua papan lampu marshalling yang menunjukkan tanda merah, artinya jalur pit ditutup sementara. Akhirnya pembalap Inggris itu diberikan penalti stop-go 10 detik.

Baca juga: Hasil F1 Italia 2020: Tak Ada Mercedes dan Ferrari di Podium

Hamilton kena hukuman penalti 10 detik

Hamilton menjalani hukumannya setelah balapan dimulai kembali usai penghentian bendera merah yang disebabkan kecelakaan Charles Leclerc (Ferrari), Hamilton muncul dari pit dan langsung berada 26 detik di belakang Alex Albon (Red Bull). Hamilton berada di tempat ke-17 atau terakhir.

Berusaha mengejar ketinggalannya, Hamilton memacu kencang mobilnya dan akhirnya bisa berada di posisi ketujuh. Tentu saja kehilangan potensi memenangkan podium balapan di Italia tersebut.

Rival utama meraih gelar dunia, seperti Valtteri Bottas (Mercedes-AMG Petronas) dan Max Verstappen (Red Bull), ternyata sama-sama mengalami hari-hari yang sulit. Bottas hanya bisa finis di posisi kelima, setelah mengalami kerusakan pada lap pembukaan yang buruk, sementara Verstappen mundur karena masalah mesin.

Hamilton sekarang memimpin kejuaraan dengan 164 poin, sedangkan Bottas 117 dan Verstappen 110.