POPULAR STORIES

Kemenperin Ingin Percepat Pengembangan Mobil Pedesaan

Kemenperin Ingin Percepat Pengembangan Mobil Pedesaan Kementerian Perindustrian berupaya mempercepat pengembangan kendaraan pedesaan.

KabarOto.com - Untuk memacu kegiatan ekonomi pedesaan dan penguasaan teknologi otomotif, Kementerian Perindustrian berupaya mempercepat pengembangan mobil pedesaan melalui program Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Program AMMDes sebagai upaya untuk membantu meningkatkan perekonomian di pedesaan dengan menyiapkan alat transportasi multiguna baik sebagai alat transportasi maupun alat produksi.

Baca Juga: Kemenperin Terima Hibah Mobil Listrik dari Mitsubishi

Kendaraan pedesaan dirancang dengan dua fungsi yaitu sebagai alat transportasi untuk mobilisasi hasil-hasil pertanian dari desa ke kota, serta fungsi kedua sebagai alat produksi dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

Dengan fungsi mutiguna tersebut, kendaraan ini sangat ideal digunakan untuk meningkatkan konektivitas antara pusat ekonomi di kota dan pusat penghasil kebutuhan pokok di desa," papar Airlangga saat membuka AMMDes Summit 2018 serta Pameran Platform dan Komponennya di Kementerian Perindustrian, Jakarta.

pengembangan kendaraan pedesaan melalui program Program Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

Airlangga menambahkan, AMMDes dilengkapi spesifikasi teknis khusus untuk dapat mengakses daerah-daerah yang selama ini pembangunan infrastrukturnya tertinggal, sehingga dapat mengurangi ketimpangan antara desa dan kota.

Airlangga juga berharap AMMDes dapat membuka peluang bagi pelaku industri nasional untuk menguasai kemampuan bidang penelitian dan pengembangan (R&D), terutama rancang bangun dan desain otomotif. “Penguasaan teknologi ini sangat penting sebagai landasan pengembangan industri otomotif dalam negeri kedepan,” tuturnya.