Kemenperin Terima Hibah Mobil Listrik Dari Mitsubishi

Kemenperin Terima Hibah Mobil Listrik dari Mitsubishi Jajaran Menteri Kabinet Kerja Menerima Mobil Listrik dari Mitsubishi Motors. (Foto: Bimo)

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian menerima hibah 10 unit mobil listrik dari Mitsubishi Motors. Ke-10 unit mobil tersebut di antaranya 8 unit Outlander PHEV model SUV plug-in hybrid dan 2 unit kendaraan listrik i-iEV. Mitsubishi juga menyerahkan 4 unit quick charger kepada Kementerian Perindustrian.

Mobil-mobil ini diberikan sebagai bagian dari studi bersama dengan Kementerian Perindustrian Indonesia terkait pengembangan infrastruktur kendaraan listrik Indonesia, serta menjadi fokus untuk melakukan studi dan memacu produksi untuk kendaraan listrik.

Baca Juga: Mitsubishi Motors Serahkan 10 Unit Kendaraan Listrik Kepada Pemerintah

Penyerahan yang berlangsung di Kantor Kementerian Perindutrian, Jakarta (26/02/2018) dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Siti Nurbaya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, dan Kakorlantas Mabes Polri Irjen Royke Lumowa.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebut, kendaraan listrik yang diterimanya menjadi tonggak sejarah yang strategis bagi industri otomotif nasional.

Dia menambahkan, pemerintah berkomitmen mengurangi emisi hingga 29% pada 2030. “Ini adalah tantangan besar pemerintah mengatur dinamika industri saat beradaptasi dengan komitmen untuk lingkungan yang lebih hijau, elektrifikasi adalah salah satu jawabannya,” kata Airlangga.

Airlangga menegaskan, saat ini pemerintah sedang menyusun roadmap arah kebijakan dan pengembangan industri alat transportasi untuk mendorong pengembangan kendaraan rendah emisi atau Low Carbon Emission Vehicle (LCEV), melalui tahapan pengembangan Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2), sejalan dengan Kebijakan Industri Nasional 2015 - 2035.