POPULAR STORIES

Kemenperin Jembatani IKM Komponen Logam Dengan Manufaktur Otomotif

Kemenperin Jembatani IKM Komponen Logam dengan Manufaktur Otomotif Kemenperin dorong IKM Logam Otomotif di tengah Pandemik Covid-19

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian terus mendorong pelaku industri kecil menengah (IKM), agar bisa tetap menjalankan usahanya di tengah pandemik Covid-19. Salah satu sektor adalah IKM logam yang memproduksi berbagai komponen otomotif.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mengatakan, IKM di sentra logam Tegal yang telah menjadi mitra Agen Pemegang Merek (APM) sebagai tier 1 dan tier 2, mengalami penurunan omzet hingga 90%. Hal itu karena APM sempat berhenti beroperasi beberapa waktu lalu,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta, Jumat (26/6).

Baca Juga: Gandeng Toko Online, Menperin Dorong IKM Otomotif Di Tengah Pandemik

“Kami terus melakukan penjajakan terhadap peluang pasar yang ada,” jelas Gati. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menjembatani IKM di sentra logam di Tegal, Jawa Tengah, dalam menjajaki pasar baru di sektor industri otomotif. “Kami telah menggelar program link and match antara IKM dengan perusahaan besar,” terangnya.

IKM Logam Otomotif di Tegal

Melalui kegiatan yang bertema “perjodohan” itu, substitusi impor yang tengah dilakukan PT Sinar Agung Selalu Sukses (SASS) di masa pandemik ini menjadi harapan baik bagi pelaku IKM di sentra logam Tegal.

Perusahaan ini adalah salah satu dari perusahan manufaktur otomotif, yang memproduksi suku cadang kendaraan bermotor, baik itu roda dua dan empat, untuk pasar Original Equipment Manufacturer (OEM) maupun aftermarket.

IKM di sentra logam Tegal berhasil mendapatkan purchase order (PO) dari SASS untuk membuat produk substitusi impor berupa handle socket LT 10 ton, handle socket LT 5 ton, dan handle socket LT 30,32 ton.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih

Baca Juga: Gaikindo Apresiasi Kebijakan Kemenperin Di Tengah Pandemik Covid-19

Mereka juga akan mendapat pesanan tangkai spion dari SASS. Adapun IKM yang akan mengerjakan produk substitusi impor tersebut adalah PT Bimuda Karya Teknik yang didukung oleh IKM lainnya seperti PT Mitra Karya Tegal dan PT Tiga Bersaudara.