POPULAR STORIES

Gandeng Toko Online, Menperin Dorong IKM Otomotif Di Tengah Pandemik

Gandeng Toko Online, Menperin Dorong IKM Otomotif di Tengah Pandemik

KabarOto.com - Otomotif salah satu sektor yang berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional pada 2019, khususnya terhadap PDB non-migas sebesar 3,98 persen. Penjualan daring pun menjadi tumpuan baru bagi para pengusaha lokal otomotif untuk terus menjaga pertumbuhan usaha.

Namun saat pandemik Covid-19, penjualan otomotif terpuruk drastis. Untuk itu, Tokopedia dan Kementerian Perindustrian berkolaborasi meluncurkan kampanye #GerakanOtomotifNasional. Kerja sama ini sebagai bentuk inovasi di sektor otomotif dengan memanfaatkan sarana penjualan online.

Baca Juga: Gaikindo Apresiasi Kebijakan Kemenperin Di Tengah Pandemik Covid-19

Tujuannya ini agar pengusaha lokal otomotif dapat terus memasarkan produk, dan memastikan usaha mereka tetap berjalan. Harapannya, #GerakanOtomotifNasional mampu mendongkrak penjualan industri otomotif yang mengalami penurunan kinerja hingga 40 persen selama pandemik Covid-19.

IKM Otomotif harus didukung di tengah pandemik

Program ini akan berlangsung selama 22-29 Juni 2020. Masyarakat dapat menemukan berbagai kurasi produk otomotif, inspirasi kisah pegiat usaha lokal otomotif binaan, serta informasi lebih lanjut terkait kampanye melalui halaman khusus di Tokopedia.

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyatakan, kampanye ini untuk mengajak masyarakat mendukung IKM lokal di sektor otomotif, agar terus dapat mengembangkan usahanya, di tengah pandemik melalui platform daring.

“Pemerintah inisiatif membangkitkan kembali semangat pelaku IKM dalam menghasilkan produk otomotif lokal berdaya saing,” terangnya. Ini menurutnya, demi memenuhi kebutuhan pasar domestik dan juga ekspor.

Menteri Agus menegaskan, adaptasi dan inovasi merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa, serta mempersiapkan kebangkitan industri nasional dalam menggerakkan roda perekonomian di era normal baru.

Baca Juga: NMAA Gandeng Kemenperin Dan Toko Online, Motivasi Modifikator Di Tengah Covid-19

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, mengungkapkan, kampanye ini salah satu komitmen mereka bersama para mitra strategis dalam memastikan pelaku industri otomotif lokal, dapat terus menjalankan bisnisnya secara online melalui Tokopedia. Selain itu juga menjaga perputaran roda ekonomi Indonesia di tengah pandemik ini.